Trump Berencana Tunda Pilpres Amerika November Nanti

  • Whatsapp
pilpres amerika
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menghadiri sebuah konferensi pers di Gedung Putih di Washington DC, AS, pada 29 Februari 2020. (Xinhua/Liu Jie)
banner 468x60

NUSADAILY.COM-WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengemukakan kemungkinan menunda pilpres Amerika yang dijadwalkan pada November mendatang.

Trump menduga keras bahwa “pemungutan suara universal melalui pos” akan menjadikan pilpres 2020 “pemilu yang paling tidak akurat dan curang dalam sejarah.”

"
"

Baca Juga

"
"

Pilpres Amerika melalui pos dipilih karena pertimbangan menjaga jarak dan menghindari kerumunan di era pandemi COVID-19.

“Itu akan sangat memalukan bagi AS,” lanjutnya, “Tunda Pemilu sampai orang dapat memilih dengan semestinya, terjamin dan aman.” kata Trump beberapa hari lalu dikutip Sabtu 1 Agustus 2020 dari Xinhua.

Cuitan tersebut, ditulis pada hari yang sama ketika Departemen Perdagangan AS melaporkan kontraksi perekonomian AS sebesar 32,9 persen pada kuartal kedua. Otomatis cuitan itu segera memicu perdebatan.

Senator AS Tom Udall mengunggah tweet yang berbunyi, “Tidak mungkin @POTUS dapat menunda pemilihan. Kita tidak boleh membiarkannya mengalihkan perhatian kita dari ketidakmampuannya menangani #COVID19.” (yos)

Post Terkait

banner 468x60