Terkait Penelusuran Asal-Usul Covid-19, China Berikan Dukungan Penuh Bagi Ahli WHO

  • Whatsapp
Ilustrasi WHO(Shutterstock/Askarim)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian pada Jumat (29/1) menyerukan kepercayaan dan dukungan penuh bagi tim ahli internasional Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dan mendesak upaya untuk mengurangi gangguan yang tidak perlu guna memberi mereka cukup waktu dan ruang yang diperlukan dalam melakukan penelusuran asal-usul corona virus baru (COVID-19).

Dilansir dari Xinhua, juru bicara menyampaikan pernyataan tersebut dalam konferensi pers harian saat menjawab pertanyaan mengenai jadwal tim ahli itu di negara tersebut, serta menuturkan bahwa China dan WHO akan membuat pengaturan ilmiah dan profesional berdasarkan konsensus yang mereka capai di tahap awal.

Baca Juga

Dia mengungkapkan keyakinannya bahwa para ahli dari kedua belah pihak akan merilis kemajuan dan hasil penelitian pada waktu yang tepat.

Zhao menekankan bahwa ini merupakan pertukaran dan kerja sama antara para ahli dari WHO dan China terkait penelusuran asal-usul virus tersebut, yang merupakan bagian dari penelitian global, bukan penyelidikan.

Selama masa karantina para ahli WHO, kedua belah pihak telah melakukan banyak pertukaran melalui video dan berbagi hasil penelitian mereka, yang menjadi landasan kokoh untuk memperdalam kerja sama bilateral dan mempromosikan penelitian global, ujar Zhao.

“Kita harus menyerahkan tugas penelusuran asal-usul (coronavirus) yang sangat profesional ini kepada para ahli serta menyediakan cukup waktu dan ruang yang diperlukan bagi mereka untuk mempromosikan kerja sama relevan,” lanjut Zhao, seraya menyerukan kepercayaan dan dukungan penuh bagi tim ahli serta mendesak upaya untuk mengurangi atensi dan gangguan yang tidak perlu.

Dia mengatakan China akan, seperti biasa, terus bekerja sama dengan WHO secara terbuka, transparan serta bertanggung jawab, dan berkontribusi terhadap pencegahan yang lebih baik atas risiko masa depan serta perlindungan kehidupan dan kesehatan rakyat di seluruh negara di dunia. (mel)