Sidang Digelar Tertutup, Kuasa Hukum Rizieq: Rakyat Berhak Tahu

  • Whatsapp
Rizieq Shihab tiba
Kendaraan tahanan yang membawa Rizieq Shihab tiba di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Jumat pagi (26/3/2021). ANTARA/Yogi Rachman
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Protes dilayangkan oleh Tim kuasa hukum mantan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab kepada majelis hakim karena sidang digelar tertutup dari publik dan media massa.

Kuasa hukum Rizieq, Sugito Atmo Prawiro mengatakan, semestinya sidang digelar terbuka karena publik berhak mengetahui dan mengawasi jalannya sidang.

“Kami protes kepada majelis hakim karena media tidak dapat diizinkan meliput persidangan. Ini sidang terbuka, publik berhak tahu dan melakukan fungsi kontrol atas persidangan ini,” kata Sugito, dilansir dari Kompas.com, Jumat (26/3/2021).

Sugito mengatakan, keputusan untuk menggelar sidang secara tertutup maupun terbuka merupakan wewenang majelis hakim.

“Oleh majelis hakim disampaikan untuk berhubungan dengan Humas PN Jakarta Timur, padahal adalah kewenangan sepenuhnya majelis yang menyidangkan,” ujar Sugito.

Jumat ini, PN Jakarta Timur menggelar sidang eksepsi kasus kerumunan Petamburan dan Megamendung dengan terdakwa Rizieq Shihab. Sidang tersebut telah dimulai dari pukul 09.00 WIB, tetapi jurnalis yang ingin meliput dilarang masuk.

Sementara, PN Jakarta Timur tidak menyiarkan sidang secara virtual sebagaimana sidang-sidang sebelumnya. Padahal, pejabat Humas PN Jakarta Timur Alex Adam Faisal sempat menjanjikan ada tempat untuk jurnalis yang meliput.

Hingga siang ini, Alex belum memberikan keterangan mengenai alasan menggelar sidang secara tertutup. (kal)