Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaNewsSempat Ditunda, TKA China Diizinkan Masuk Sulawesi Tenggara Akhir Juni Ini

Sempat Ditunda, TKA China Diizinkan Masuk Sulawesi Tenggara Akhir Juni Ini

NUSADAILY.COM-KENDARI – Sebanyak 500 Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China dalam waktu dekat akan masuk di Sulawesi Tenggara (Sultra).

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Mereka akan bekerja di salah satu perusahaan pertambangan PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) Morosi Kabupaten Konawe.

Total TKA asing yang bekerja di PT Virtue Dragon Nickel Industry dan PT Obsidian Stainless Steel mencapai 709 orang. Mereka didatangkan karena perusahaan di sana menggunakan teknologi yang dibawa langsung dari Negeri Tirai Bambu.

Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Saleh mengungkapkan, pemerintah daerah tidak akan menghalangi lagi masuknya TKA tersebut. Karena sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat.

“Namun, perusahaan yang membawa TKA tersebut, sebaiknya terlebih dulu dievaluasi kepatutan perusahaannya. Kontribusi perusahaan kepada daerah, termasuk peran perusahaan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar atau local wisdom,” kata Abdurrahman Saleh, di Kendari, dikutip Jumat 19 Juni 2020.

Sementara, Gubernur Sultra Ali Mazi menyatakan, pihaknya sepakat menerima kembali hadirnya para TKA China. Itu menyusul pemberlakukan kebijakan tatanan kehidupan baru.

“Masuknya para pekerja asing ini, juga demi bergairahnya kembali aktivitas perekonomian masyarakat di kawasan industri Morosi. Termasuk di Sultra yang sempat sepi akibat virus corona,” katanya.

Keputusan Ali Mazi mendukung kedatangan 500 TKA China yang dijadwalkan akhir Juni ini, sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat membuka keran impor pekerja asing.

Pemprov Sulteng Minta TKA Tak Keluar Daerah

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Sulawwsi Tengah (Sulteng) melarang WNA, Tenaga Kerja Asing (TKA) dan pekerja migran yang berada di dalam wilayah Sulteng, untuk keluar dari daerah tersebut.

BERITA KHUSUS

Dok! Seluruh Fraksi di DPRD Ponorogo Setujui Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Usulan Raperda Perubahan kedua atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk OPD Satpol PP yang...

BERITA TERBARU

Indra Kenz Jalani Sidang Perdana Secara Virtual, Para Korban Binomo Ngamuk

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Pengadilan Negeri (PN) Tangerang, Banten, menggelar sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaan kasus investasi bodong Binomo, Jumat (12/8). Terdakwa dalam perkara ini,...