Selasa, Januari 25, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsSekelumit Tentang Cak Hasan Abadi, Rektor Unira dan Cerita Kecintaannya pada Gus...

Sekelumit Tentang Cak Hasan Abadi, Rektor Unira dan Cerita Kecintaannya pada Gus Dur

NUSADAILY.COM – MALANG –  Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Kabar duka datang dari Universitas Raden Rahmat (Unira), Kepanjen, Kabupaten Malang. Dr. Hasan Abadi, sang Rektor meninggal dunia Senin, pukul 03.30 di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Hasan selain rektor juga ketua LP Ma’arif NU Kabupaten Malang dan Wakil Ketua PW Ansor Jatim. Hasan Abadi, dikalangan sahabatnya, dikenal sebagai pengagum KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) tanpa reserve.

BACA JUGA: Dr Hasan Abadi Rektor Unira Malang Meninggal Dunia – Nusadaily.com

Kecintaan Hasan kepada Gus Dur terus bertumbuh seiring dirinya dewasa. Bahkan, saat dia menjadi mahasiswa dan aktif di Ormawa (Organisasi Mahasiswa).

Cak Hasan, begitu karib dan para sahabatnya biasa menyapa, mengatakan, KH Abdurrahman Wahid atau terkenal dengan Gus Dur, merupakan sosok yang lahir dari lingkungan pesantren hingga pernah menjabat sebagai orang nomer satu di Indonesia.

BACA JUGA: Hasan Abadi Tetap Optimis Kantongi Rekom PKB – Javasatu.com

Tak hanya itu, lanjut dia, Gus Dur juga memperoleh status seorang budayawan yang memanusiakan manusia. “Bagi saya, Gus Dur itu suka menolong orang. Nilai kemanusiaannya sangat tinggi,” ucapnya.

Menurutnya, Gus Dur bukan hanya politisi tetapi juga negarawan dan budayawan. Sebab, Gus Dur menggunakan budaya sebagai alat untuk memanusiakan manusia.

BACA JUGA: Dr. Hasan Abadi Rektor Unira Pernah Jualan Poster – Imperiumdaily.com

“Dengan menggunakan budaya bisa mengatur hidup dan menghasilkan pilar untuk menjaga tatanan sosial. Hal inilah yang dapat kita teladani,” katanya.

Selain itu, kesederhanaan Gus Dur sangat menginspirasi banyak orang. Sebab, Gus Dur bisa mengayomi masyarakat tanpa memandang ras, suku, dan agama sehingga mampu masuk ke berbagai golongan.

“Gus Dur bisa memecahkan konflik dan bisa mengayomi masyarakat dari berbagai kalangan. Ini semua berdasarkan sifat kesederhanaan yang dimiliki oleh beliau mulai dari cara pandang hingga pola pikirnya,” pujinya.

Wakil Ketua PW Ansor Jawa Timur ini menambahkan, Gus Dur merupakan bapak bangsa karena banyak sekali menorehkan pola pikir yang berlandaskan kemanusiaan dan kerja untuk kemajuan masyarakat dan bangsa.

“Banyak yang telah dilakukan Gus Dur terhadap perubahan bangsa ini. Semua itu dilakukan berdasarkan sikap kemanusiaan dengan sifat humanis Gus Dur,” tandasnya.(aje/han)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed