Sabtu, Juni 25, 2022
BerandaCultureYadnya Kasada, Ungkapan Syukur Masyarakat Tengger kepada Sang Hyang Widhi

Yadnya Kasada, Ungkapan Syukur Masyarakat Tengger kepada Sang Hyang Widhi

NUSADAILY.COM – PROBOLINGGO – Upacara Yadnya Kasada, ritual yang dilakukan sebagai bentuk ungkapan rasa syukur dan harapan agar dijauhkan dari malapetaka.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Pada Kasada tahun ini, Kawasan Gunung Bromo tutup total pada Rabu-Kamis, 15-16 Juni 2022. Penutupan berlangsung mulai pukul 07.00-15.00 WIB keesokan harinya.

Penutupan ini merupakan hasil koordinasi bersama sejumlah pihak, termasuk para sesepuh suku Tengger. Sebab, rencananya Suku Tengger akan melaksanakan upacara adat Yadnya Kasada di lautan pasir dan Pura Luhur Poten.

Baca Juga: 2 Calon Dukun Pandita Jalani Mulunen pada Puncak Yadnya Kasada

Upacara Kasada merupakan sebuah ritual yang dilakukan sebagai bentuk ungkapan rasa syukur dan harapan agar dijauhkan dari malapetaka. Upacara ini dilakukan dengan melarung hasil bumi ke dalam kawah Gunung Bromo.

Kasada berlangung setiap tahun sekali pada hari ke-14 dalam bulan Kasada atau bulan ke-12 dalam penanggalan orang Tengger.

Masyarakat di sekitar Bromo sebenarnya menganut agama Hindu namun dalam perkembangannya terjadi penggabungan budaya antara suku Tengger dan Agama Hindu. Kini, Upacara Yadnya Kasada merupakan salah satu hari raya umat Hindu Tengger.

Sebelum upacara mulai, masyarakat Tengger akan mengambil air suci di Gunung Widodaren untuk ritual penyucian diri di Pura Luhur Poten.

BERITA KHUSUS

Raih Penghargaan Program Inovasi Digital, Gus Ipul: Terus Layani Masyarakat dengan Cepat

NUSADAILY.COM - PASURUAN - Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan meraih penghargaan kategori program Inovasi Digital pada ajang Merdeka Award 2022, Kamis (24/06). Wali Kota Pasuruan...

BERITA TERBARU

Wow! PSG Untung Rp 10,9 Triliun Berkat Lionel Messi

NUSADAILY.COM - PARIS - Lionel Messi memang gagal mempersembahkan trofi Liga Champions kepada Paris Saint-Germain. Meski begitu, PSG mendulang keuntungan yang amat besar berkat...