Jumat, Mei 27, 2022
BerandaNewsRegionalWarga Jember Terpaksa Buat Jembatan dan Jalan Darurat di Lokasi Bencana

Warga Jember Terpaksa Buat Jembatan dan Jalan Darurat di Lokasi Bencana

NUSADAILY.COM – JEMBER – Banjir telah memutus jembatan dan merusak jalan yang melintasi sungai di Desa Kemiri, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Padahal, semula sarana tersebut digunakan sebagai akses masyarakat terutama kalangan buruh atau pekerja untuk bisa menuju ke perkebunan karet Afdeling Gunung Pasang.

Baca Juga: Banjir Jember: 2.853 Warga Terdampak dan Rendam 703 Rumah

Warga pun terpaksa membangun jembatan dan jalan darurat agar tetap bisa melintasi sungai untuk pergi ke tempat mereka mencari nafkah.

Jembatan terbuat dari rangkaian batang bambu yang diikat dan dipaku. Sehingga, kontruksi sederhana tersebut hanya dapat menahan beban warga yang berjalan kaki.

Baca Juga: Pasutri Terseret Banjir Jember, Suami Meninggal, Istri Masih Hilang

Sedangkan, perbaikan jalan ditempuh dengan cara menumpuk batu. Tujuannya untuk memadatkan tanah yang hendak dilintasi warga.

Gotong-royong warga terlihat mendapat bantuan tenaga sejumlah relawan bencana dari Baret NasDem Jember. Mereka tampak sibuk mengangkut batu dari dasar sungai hingga Senin, 24 Januari 2022 siang.

Baca Juga: Buruh Perkebunan Terdampak Banjir Jember Dapat Tambahan Bantuan Golkar Jatim

“Semua swadaya warga. Kami hanya membantu pembuatan jembatan dan jalan darurat,” ujar Ketua Baret NasDem Jember David Handoko Seto.

Menurut dia, sarana darurat hanya bertahan sementara waktu. Sehingga, pemerintah harus segera membangun fasilitas yang bersifat permanen.

Baca Juga: Ratusan Warga Pengungsi Banjir Jember Mulai Kembali Pulang Seiring Surutnya Air

“Warga terdampak bencana membutuhkan pembangunan kembali jembatan beton yang sudah rusak diterjang banjir beberapa hari lalu,” seru pria yang juga Sekretaris Komisi B DPRD Jember itu.

Selain itu, David juga meminta PLN turun tangan memperbaiki sambungan listrik yang terputus. “Ada sekitar 30 rumah yang listriknya tidak berfungsi lagi pasca banjir,” bebernya.

Baca Juga: Olivia Noor Dihujat, Gegara Akronim Jember Utara

Rencananya, pihak PLN bersama Komisi B akan datang ke lokasi untuk memeriksa sumber penyebab kerusakan instalasi listrik disana. Sekaligus juga mengerahkan teknisi yang bertugas memperbaiki.

“Besok kami ajak PLN melihat langsung dan juga menangani kerusakan sambungan listrik. Sudah tiga hari warga terdampak banjir disini tanpa bisa menggunakan listriknya,” tukas David. (sut)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Asyik Main Air Banjir, Bocah di Gresik Digigit Ular

NUSADAILY.COM – GRESIK  -  Ini peringatan bagi para orang tua agar menjaga anaknya saat bermain air. Karena ada kejadian saat sedang asyik bermain air...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily