Jumat, Mei 27, 2022
BerandaNewsRegionalWali Kota Batu Minta Pelaksanaan Vaksinasi Kedua Diundur

Wali Kota Batu Minta Pelaksanaan Vaksinasi Kedua Diundur

NUSADAILY.COM – KOTA BATU – Vaksinasi perdana di Kota Batu diikuti beberapa Forkompimda Kota Batu pada Kamis lalu (28/1). Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko menjadi orang pertama di Kota Batu yang telah mengikuti vaksinasi perdana.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Bersama pula pejabat lainnya, yakni Ketua DPRD, Asmadi, Sekda Kota Batu, Zadim Efisiensi, Kajari, Supriyanto, Komandan Poltekad, Brigjen TNI Nugraha Gumilar.

BACA JUGA: Hari Kedua, Belum Ditemukan Laporan KIPI Pasca Vaksinasi Perdana Kota Batu

Sedangkan Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso tak lolos skrining kesehatan. Sehingga tak bisa mengikuti vaksinasi karena kondisi kesehatannya yang tak memungkinkan. Punjul tak lolos vaksin karena tensi darah yang tinggi dan memiliki komorbid, yakni diabetes melitus.

Vaksinasi kedua (booster) akan diberikan dalam waktu interval 14 hari dari waktu penyuntikan pertama. Dengan begitu, booster kepada para forkompimda akan diberikan pada Kamis besok (11/2).

Meski dijadwalkan pada Kamis besok, Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko meminta penundaan vaksinasi kedua. Dewanti meminta agar vaksinasi kedua diundur hingga tanggal 15 Februari nanti.

Alasan penundaan, karena dirinya harus mengikuti kegiatan di luar kota. Tepat bersamaan saat jadwal pelaksanaan vaksinasi kedua pada 11 Februari.

“Jadwal pelaksanaannya diundur. Nanti kompak divaksin tanggal 15 Februari,” urai Dewanti.

Menurut Dewanti, berdasarkan keterangan yang didapat dari Kepala Dinkes Kota Batu, Kartika Trisulandari, bisa dilakukan penundaan vaksin dari jadwal yang telah ditentukan sebelumnya.

“Ternyata bisa jeda lebih dari dua minggu. Kalau di atas 59 tahun bisa jeda 28 hari dari suntikan pertama,” kata dia.

Beda dengan forkompimda, vaksinasi kedua bagi nakes akan tetap dilakukan sesuai dengan jadwal yang ditentukan, yakni pada Kamis besok (11/2).

BACA JUGA: Kota Batu Tempati Peringkat Ketiga Program Vaksinasi Nakes

Vaksinasi kedua itu, akan diberikan kepada nakes di sejumlah fasilitas kesehatan. Yakni RS Baptis, Puskesmas Junrejo, Puskesmas Beji, Puskesmas Bumiaji dan Puskesmas Sisir. Vaksinasi kedua yang digelar Kamis besok, akan diberikan kepada 111 nakes.

“Bagi nakes nggak mundur. Tetap Kamis besok (11/2). Yang mundur cuma bagi forkompimda,” ungkap Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Batu, dr Susana Indahwati.(wok/lna)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Cacar Monyet Mewabah, ECDC: Lebih dari 200 Ribu Kasus Terdeteksi

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Lebih dari belasan negara di mana cacar monyet mewabah, yang sebagian besar terjadi di Eropa, telah melaporkan setidaknya satu kasus...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily