Rabu, Januari 26, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsViral Video Pungli di Samsat, Kapolres Magetan Angkat Bicara

Viral Video Pungli di Samsat, Kapolres Magetan Angkat Bicara

NUSADAILY.COM – MAGETAN – Viralnya video dugaan praktik pungutan liar (pungli) di Samsat Magetan di Media Sosial yang memperlihatkan oknum petugas melakukan pungli kepada warga yang sedang mengurus surat kehilangan STNK motornya.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Video yang direkam pada Senin, 29 November 2021 tersebut diungah ke akun Facebook Santrineal-Karim, tampak pemohon menyerahkan berkas kepada petugas di loket Samsat Magetan.

Baca Juga: Kapolrestabes Bandung : Kasus Pungli di TPU Cikadut Berakhir Damai

Masih dalam video, oleh petugas, pemohon protes karena disuruh membayar Rp400 ribu, karena persyaratan diangapnya kurang, seperti surat keterangan dari desa.

Untuk diketahui, biaya usur kehilangan STNK motor sebesar Rp100 ribu. Akibat videonya viral, akhirnya uang Rp400 ribu akan di stor akhirnya dikembalikan.

Baca Juga: Ibu Mertua Meninggal Dunia, Inul Daratista Ungkap Pesan Almarhumah

Dikonfirmasi terkait pungli tersebut, Kapolres Magetan, AKBP Yakhob Silvana Delareskha berdalih bahwa, kasusnya masih dalam tahap penyelidikan.

Pungli Samsat Magetan, Bukan Anggota Polisi

Hasil penyelidikan sementara pelaku bukan dari Polri, melainkan seorang pekerja harian lepas (PHL) di kantor Samsat.

Baca Juga: Wali Kota Medan Siapkan Layanan Pengaduan Digital Berantas Pungli

“Terkait video viralnya di medsos itu, sudah kami cek dan bukan dari anggota kami. Namun jika terbukti melakukan pungli kami akan lakukan tindakan tegas, akan kami berhentikan,” ujat Kapolres kepada nusadaily.com, Jumat (03/12/2021).

Kapolres menjelaskan kemungkinan pemohon menemui petugas kebersihan di parkiran. Saat ini kasus pungli ini sedang di dalami.

Baca Juga: Kades Klantingsari Terjaring OTT Pungli PTSL, Polisi Amankan Uang Rp68 juta

“Yang jelas tidak ada keterlibatan anggota Polri,” tagasnya.

Untuk meluruskan kasus pungli yang viral di medsos tersebut Polres Magetan sudah menemui pengunggah video. Serta menjelaskan semua yang terkait pelayanan yang ada di Samsat.

Baca Juga: Cegah Pungli, Polrestabes Bandung Siagakan Personel di TPU Cikadut

“Pelayanan di Samsat harus sesuai PP nomer 60 tahun 2016 tentang penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Termasuk peneribitan STNK baru, perpanjangan hingga pengesahan STNK,” pungkasnya. (nto/ark)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed