Senin, September 20, 2021
BerandaNewsRegionalVaksinasi Siswa SMA/SMK Mulai Dilakukan di Kota Malang

Vaksinasi Siswa SMA/SMK Mulai Dilakukan di Kota Malang

NUSADAILY.COM – MALANG – Program vaksinasi terhadap para siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Jawa Timur dilakukan secara serentak hari ini, Rabu (4/8/2021). Untuk Kota Malang, dilakukan di SMAN 2 bagi seluruh siswa, dengan jumlah 1.000 dosis vaksin.

“Target kami, seluruh siswa yang ada di Kota Malang. Hari ini, SMA sudah mulai masuk dan serentak se-Jawa Timur (pelaksanaan vaksinasi). Kota Malang menunjuk SMAN 2 Malang,” terang Wali Kota Malang, Sutiaji saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di SMAN 2 Malang.

Seluruh siswa yang akan melakukan vaksinasi harus melalui persetujuan orangtua terlebih dahulu. Kemudian, melakukan pendaftaran secara online, yakni melalui google form. Namun, pendaftaran sempat terhambat karena koneksi internet.

“Mudah-mudahan bisa segera teratasi, sebab, tidak hanya di kita, tapi secara nasional,” imbuh dia.

Orang nomor satu di Kota Malang tersebut menguraikan, pihaknya menargetkan 100 persen vaksinasi terhadap siswa sekolah, yang rentang usianya berkisar antara 12 sampai 17 tahun, Sehingga, diperkirakan mulai sekolah menengah pertama (SMP) dan SMA.

BACA JUGA: Wajib Vaksin, Syarat Sekolah Bisa Gelar Belajar Tatap Muka Bondowoso

“Target kami 100 persen dari siswa agar terbangun herd immunity. Nantinya, gelaran vaksinasi untuk siswa sekolah ini akan terus kami lakukan dan berkoodinasi dengan perguruan tinggi juga,” imbuh dia.

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Cabang Kota Malang-Batu, jumlah siswa SMA/SMK/SLB di Kota Malang berjumlah 48.338 siswa. Setelah memberikan vaksinasi kepada siswa SMAN 2 Malang, akan berlanjut kepada siswa-siswa di sekolah lainnya.

“Setelah satu sekolah ini selesai, akan dilakukan di sekolah lain secara bergilir. Vaksinasi ini kami lakukan di sekolah-sekolah agar pemetaannya lebih mudah. Hari ini, diselesaikan di SMAN 2 Malang dulu, karena jumlah dosis vaksinnya 1.000 dosis dan siswa disini jumlahnya 1.000,” kata Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kota Malang dan Kota Batu, Ema Sumiarti.

BACA JUGA: Wajib Vaksin, Syarat Sekolah Bisa Gelar Belajar Tatap Muka Bondowoso

Program vaksinasi tersebut diadakan sebagai salah satu upaya untuk persiapan proses pembelajaran tatap muka (PTM) yang tidak menutup kemungkinan akan kembali digelar. Apalagi, saat ini, guru dan tenaga pendidikan di Kota Malang juga sudah mengikuti vaksinasi.

“Salah satu tujuannya ya itu (PTM). Saat ini, jumlah guru dan tenaga pendidik di Kota Malang ada 5.250 orang, dengan rincian, ada4.337 orang atau 82,6 persen yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis satu dan 4.315 orang atau 82,1 persen yang dapat vaksin tahap dua, upaya vaksinasi ini terus kami lakukan sampai selesai,” tandas dia.(nda/kal)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

AnyFlip LightBox Embed Demo

popular minggu ini

- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU

berita khusus

Pemkot Malang Alokasikan Dana Cukai Hasil Tembakau untuk Jaminan Kesehatan

NUSADAILY.COM - MALANG - Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kesehatan memanfaatkan Dana Bagi Hasil (DBH) Cukai Hasil Tembakau (CHT) untuk program pemenuhan dan penyediaan...