Senin, September 20, 2021
BerandaNewsRegionalVaksinasi Siswa Dimulai, Kapan Sekolah Tatap Muka Kota Malang Dilakukan?

Vaksinasi Siswa Dimulai, Kapan Sekolah Tatap Muka Kota Malang Dilakukan?

NUSADAILY.COM – MALANG – Penerapan vaksinasi terhadap siswa sekolah sudah dilakukan. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk membentuk kekebalan kelompok (herd immunity) pada siswa. Sehingga, diharapkan, bisa segera menggelar pembelajaran tatap muka (PTM).

Wali Kota Malang, Sutiaji menegaskan, kegiatan pembelajaran tatap muka sampai saat ini masih belum bisa dilakukan. Mengingat, saat ini, Kota Malang masuk dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

“Belum (merencanakan pembelajaran tatap muka). Tidak menutup kemungkinan sekolah akan masuk. Sebab, melalui sekolah, disiplin akan terbangun,” terang dia, Rabu (4/8/2021).

Bahkan, beberapa waktu lalu, di sejumlah sekolah, mulai SD sampai SMA, sempat melakukan simulasi PTm. Bahkan, sudah ada yang memulai. Sejauh ini, di Kota Malang, tidak ditemukan penyebaran covid-19 selama proses belajar mengajar, sebab, sekolah sudah menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Rata-rata, tidak ada paparan covid-19 dari proses belajar mengajar di sekolah. Kami berharap, itu bisa (dilakukan kembali). Sebab, sudah mulai ada titik jenuh siswa, yang sudah mulai merindukan masa sekolah,” kata dia.

Sehingga, ia menguapayakan agar para siswa kembali mendapatkan pembelajaran di sekolah, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

BACA JUGA: Wajib Vaksin, Syarat Sekolah Bisa Gelar Belajar Tatap Muka Bondowoso

“Saya meminta, kran sudah dimulai buka sedikit-sedikit, termasuk sekolah. Namun, tetap menjaga protokol covid-19, kita ndak bisa gini terus,” kata dia.

Untuk itu, dia menekankan, bahwa pengetatan aturan akan terus dilakukan. Namun, malalui tingkat mikro, dalam hal ini RT/RW.

“Dari rapat semalam, di bulan Agustus ini, saya minta, PPKM (Mikro) tidak perlu berhenti sampai covi-19 selesai. Mobilitas orang, dipantau dari tingkat mikro,” tandas dia.

Saat ini, sejumlah sekolah sudah siap melakukan sekolah tatap muka. Sebab, sejumlah guru dan tenaga pendidik sudah mendapatkan vaksinasi covid-19.

“Saat ini, jumlah guru dan tenaga pendidik di Kota Malang ada 5.250 orang, dengan rincian, ada4.337 orang atau 82,6 persen yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis satu dan 4.315 orang atau 82,1 persen yang dapat vaksin tahap dua, upaya vaksinasi ini terus kami lakukan sampai selesai,” terang Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kota Malang dan Kota Batu, Ema Sumiarti.

Sementara, untuk siswa SMA/SMK/SLB di Kota Malang berjumlah 48.338 siswa. Saat ini, proses vaksinasi terhadap siswa masih terus dilakukan.

“Setelah satu sekolah ini selesai, akan dilakukan di sekolah lain secara bergilir. Vaksinasi ini kami lakukan di sekolah-sekolah agar pemetaannya lebih mudah,” tandas dia.(nda/kal)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

AnyFlip LightBox Embed Demo

popular minggu ini

- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU

berita khusus

Pemkot Malang Alokasikan Dana Cukai Hasil Tembakau untuk Jaminan Kesehatan

NUSADAILY.COM - MALANG - Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kesehatan memanfaatkan Dana Bagi Hasil (DBH) Cukai Hasil Tembakau (CHT) untuk program pemenuhan dan penyediaan...