Kamis, Juli 7, 2022
BerandaNewsRegionalVaksinasi Lansia Lebihi Target 60 Persen, Banyuwangi Penuhi Syarat PPKM Level 1

Vaksinasi Lansia Lebihi Target 60 Persen, Banyuwangi Penuhi Syarat PPKM Level 1

NUSADAILY.COM – BANYUWANGI – Capaian vaksinasi Covid-19 di Banyuwangi cukup menggemberikan. Per hari ini, Selasa 23 November 2021, jumlah penerima vaksin dosis satu mencapai 1.006.875 orang atau mencapai 75,13 persen dari total sasaran 1.340.222 orang.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Sementara realisasi vaksinasi untuk kalangan lanjut usia (lansia) sudah di angka 133.021 orang atau mencapai 67,25 persen dari total 197.793 orang yang ditargetkan.

Capaian vaksinasi ini sudah melebihi ambang batas minimal yang ditetapkan Kementerian kesehatan, dimana untuk masuk PPKM Level satu minimal sudah 70 persen vaksinasi dosis pertama dari target keseluruhan sasaran vaksin, dan 60 persen vaksinasi dosis pertama untuk kalangan lansia.

BACA JUGA: Pemkot Medan Terus Genjot Vaksinasi Lansia Agar PPKM Turun ke Level 1

“Alhamdulillah, untuk vaksinasi dosis pertama sudah mencapai 75 persen lebih dari yang kita targetkan. Dan untuk lansia juga sudah melebihi 60 persen. Ini sudah memenuhi syarat untuk masuk ke PPKM Level 1,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Banyuwangi, dr. Widji Lestariono, Selasa 23 November 2021.

Saat ini, kata pria yang akrab disapa dr. Rio ini, pihaknya masih menunggu pengumuman resmi dari pemerintah pusat terkait status terbaru level PPKM di Banyuwangi.

“Kalau melihat datanya semestinya sudah masuk Level 1 PPKM. Tapi kan pengumumannya harus disampaikan secara resmi oleh Menko Marves, Pak Luhut. Biasanya hari-hari pertama minggu ini. Mungkin nanti, paling lambat besok. Insyaallah Banyuwangi masuk PPKM Level 1,” ungkapnya.

Menurut Rio, ada beberapa implikasi ketika status PPKM Banyuwangi turun menjadi Level satu. Aktivitas masyarakat yang sebelumnya dibatasi, akan dilonggarkan kembali.

“Jadi memang implikasi level satu akan banyak kelonggaran dalam kegiatatn warga. PTM (pembelajaran tatap muka)bisa lebih banyak lagi muridnya. Resepsi pernikahan bisa digelar. Termasuk destinasi wisata kapasitas pengunjungnya bia ditambah,” ungkap Rio.

Meski ada kelonggaran, Rio menegaskan, masyarakat tetaw wajib menegakkan protokol kesehatan secara ketat.

BACA JUGA: Kotawaringin Barat Optimistis Vaksinasi 90 Persen Tercapai Akhir Tahun

“Itu tidak bisa ditawar hukumnya. Tetap wajib melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. Mulai dari menggunakan masker, menjaga jarak, hingga membiasakan hidup sehat dengan mencuci tangan,” tegasnya.

Rio menambahkan, meski capaian vaksinasi sudah melebihi ambang batas minimal yang ditetapkan oleh Kemenkes, pihaknya tetap akan menggeber vaksinasi hingga warga Banyuwangi sudah disuntik vaksin semuanya.

“Syarat untuk bisa masuk PPKM level 1 sudah terlampaui. Sekarang focus kita tetap mempercepat vaksinasi untuk aspek epidemiologis. Artinya secara epidemiologis, seluruh warga ini harus disuntik vaksin agar mereka terlindungi dari Covid-19,” tutupnya. (ozi/lna)

BERITA KHUSUS

Sampaikan LPJ APBD 2021, Gus Ipul: Jadi Motivasi Tingkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Kinerja Keuangan

NUSADAILY.COM – KOTA PASURUAN – DPRD Kota Pasuruan menggelar Rapat Paripurna I dengan agenda Penyampaian Nota Keuangan Raperda tentang Pertanggungjawaban (LPJ) Pelaksanaan APBD Kota...

BERITA TERBARU

4 Inovasi Pesawat Mewah untuk Penerbangan Masa Depan

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Beberapa maskapai dan perusahaan di dunia memperkenalkan beragam desain pesawat terbaru mereka. Mulai dari bangku kapsul hingga desain mewah seperti...