Senin, Desember 6, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsRegionalVaksinasi Ibu Hamil di Kota Malang Capai 500 Orang

Vaksinasi Ibu Hamil di Kota Malang Capai 500 Orang

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – MALANG – Program percepatan vaksinasi Covid-19 di Kota Malang terus digencarkan. Tak hanya bagi masyarakat umum dan lansia, vaksinasi tersebut juga dikebut untuk ibu hamil.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, sudah ada 500 orang ibu hamil yang telah divaksin menggunakan jenis sinovac. Sampai saat ini, vaksinasi yang dimulai sejak bulan Agustus 2021 lalu, masih terus dilakukan dan Dinkes Kota Malang tidak memberikan target batas waktu untuk vaksinasi ibu hamil.

“Untuk vaksinasi ibu hamil, kami tidak menargetkan batas waktunya, yang sesuai persyaratan ada sekitar 1.200 (ibu hamil) dan yang sudah divaksin 500 orang,” terang Kepala Dinkes Kota Malang, dr Husnul Muarif, Selasa (19/10/2021).

BACA JUGA: Vaksinasi COVID-19 di Palangka Raya Lampaui Target

Sementara, pada awal bulan Oktober 2021, tercatat ada 1.515 ibu hamil yang terdata. Namun, setelah melakukan tahapan skrining, hanya 1.200 ibu hamil yang sesuai persyaratan.

Sebab, ibu hamil yang tak lolos skrining lantaran usia kandungan belum mencapai 13 minggu atau lebih dari 33 minggu. Kemudian, hambatan lainnya, yakni terkait mobilisasi ibu hamil yang tidak bisa sembarangan.

Nantinya, vaksinasi terhadap ibu hamil tersebut akan diserahkan di masing-masing fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) maupun Puskesmas di masing-masing wilayah.

“Kami serahkan ke masing-masing wilayah Puskesmas, ibu hamil yang memenuhi syarat bisa melakukan vaksinasi di Puskesmas,” kata dia.

BACA JUGA: Cek Vaksinasi di Ponpes Amanatul Ummah, Gubernur: Jatim Status Level 1 Kemenkes

Untuk diketahui, program vaksinasi bagi ibu hamil tersebut merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Malang untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan membentuk herd immunity.

Sebab, berdasarkan catatan, angka kematian ibu hamil akibat Covid-19 di Kota Malang mencapai 27 orang. Bagi ibu hamil yang ingin mendapatkan vaksin, harus memenuhi syarat tertentu. Di antaranya, yakni usia kandungan minimal 13 minggu dan maksimal 33 minggu.(nda/lna)

- Advertisement -spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR