Kamis, September 29, 2022
BerandaNewsRegionalUntuk Warga Jember Utara: Jembatan Dulu Dibangun, Aspal Jalan Sebentar Lagi

Untuk Warga Jember Utara: Jembatan Dulu Dibangun, Aspal Jalan Sebentar Lagi

NUSADAILY.COM – JEMBER – Kondisi infrastruktur untuk akses poros antar wilayah kecamatan di Kabupaten Jember bagian utara juga seperti jalanan pada umumnya, rusak dan penuh lubang.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Bupati Jember Hendy Siswanto akhirnya merasakan juga kesulitan seperti halnya masyarakat yang harus susah payah melintasi jalanan penuh lubang.

Kendaraan yang ditumpanginya maupun rombongan mobil pejabat berkali-kali terlihat oleng dan harus melaju dengan kecepatan rendah.

BACA JUGA: Jelang Nataru, Forkopimda Sidak Fasilitas Umum di Jember

Peristiwa itu terjadi saat Hendy hendak melakukan rangkaian beragam kegiatan di Kecamatan Kalisat, Sukowono, Sumberjambe, dan Ledokombo pada Kamis, 23 Desember 2021.

Hendy berjanji segera melakukan perbaikan pada kerusakan jalan poros di 31 kecamatan sepanjang total 600 kilometer. Didalamnya sudah termasuk untuk wilayah Jember bagian utara.

“Kita kerjakan segera dalam waktu dekat-dekat ini perbaikan jalan 600 kilometer. Target semuanya selesai pada bulan Mei 2022 yang akan datang,” ucapnya.

Sebelum langkah perbaikan jalan, Hendy terlebih dahulu memprogramkan pembangunan 2 unit jembatan pada akses yang menghubungkan Kecamatan Ledokombo, Sumberjambe, dan Sukowono.

“Jembatan dibuat dulu, dan dilebarkan. Dua jembatan itu awalnya hanya 5 meter kemudian direhab dengan lebar 8 meter. Tujuannya supaya mudah dilalui kendaraan, dan juga mencegah kecelakaan,” papar Hendy.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PU Bina Marga Jember Rahman Anda menyatakan, perbaikan jalan 600 kilometer dibiayai dari APBD lewat skema anggaran tahun jamak atau multiyears tahun 2021 dan 2022 sebanyak Rp649 miliar.

BACA JUGA: Ketua Komisi C DPRD Jember Kelupas Aspal Pakai Jari, Bukan Hoax! Begini Penjelasan Dinas PU Bina Marga

Perbaikan jalan terbagi dalam 30 paket proyek. Sebanyak 25 paket diantaranya yang sudah melalui proses tender atau seleksi terbuka terhadap para rekanan penawar proyek.

“Sekitar 9 paket jalan sudah berkontrak. Tinggal sisa 16 paket yang tinggal tahap menunggu selesai masa sanggah, besok hari terakhir. Mudah-mudahan semua segera selesai. Sehingga, program Bapak Bupati untuk memperbaiki jalan dapat terwujud, dan dirasakan oleh masyarakat,” bebernya.

Selebihnya, Rahman menambahkan Dinas PU Bina Marga juga melaksanakan puluhan paket perbaikan jalan melalui anggaran tahun tunggal. Yakni, jalan poros antar wilayah pedesaan. Hal ini untuk melengkapi program perbaikan jalan se-Kabupaten Jember secara keseluruhan yang panjangnya mencapai 1.080 kilometer. (sut)

BERITA KHUSUS

Tujuh Poktan Situbondo Bakal Dapat Bantuan Alat Jemur Tembakau

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo menggelontorkan anggaran dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) tahun 2022 sekitar Rp180 juta. Duit jumbo...

BERITA TERBARU

Tarif 4 Jalan Tol Ini Bakal Naik, Ada Tangerang-Merak hingga Pandaan-Malang

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Sebanyak empat jalan tol kelolaan PT Astra Infrastruktur bakal naik tarifnya dalam waktu dekat. Sebanyak empat ruas jalan tol tersebut...