Senin, November 29, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsRegionalTumpeng Ikan Taman Safari Prigen Sambut World Penguin Day

Tumpeng Ikan Taman Safari Prigen Sambut World Penguin Day

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – PASURUAN – Memperingati Hari Pinguin Sedunia (World Penguin Day) yang dirayakan setiap tanggal 25 April, Taman Safari Prigen, Kabupaten Pasuruan, memberikan kado spesial untuk satwa pinguin. Sebanyak 11 pinguin Humboldt (Spheniscus Humboldti) diberikan tumpeng ikan, makanan kegemarannya.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Manager Education Taman Safari Prigen (TSP), Eko Windarto mengatakan, dalam filosofi dan adat istiadat Jawa, tumpeng diartikan sebagai perayaan yang memiliki makna kebahagiaan. Karenanya para penguin yang berada di Aquatic Land TSP ini diberikan tumpeng ikan sesuai makanan yang dikonsumsinya.

BACA JUGA: Uchuy, Nama Bayi Pertama Lumba-Lumba Taman Safari Prigen Hadiah Menteri Siti Nurbaya

“Komposisi tumpeng ikan sendiri yaitu 70 persen ikan teri merah dan 30 persen ikan kembung. Pada perayaan kali ini, mereka diberi jatah makanan kesukaannya hingga 1 kilogram. Padahal biasanya kurang dari 1 kilogram,” kata Eko Windarto.

Selain perayaan World Penguin Day, Taman Safari Prigen juga memperkenalkan baby penguin yang berhasil dikembangbiakkan. Seekor anakan penguin ini lahir pada 9 Januari 2021. Hasil sexing baby penguin ini masih dalam proses laboratorium, sehingga masih belum diketahui jenis kelaminnya.

“Taman Safari Prigen berhasil menetaskan telur penguin pertama kali. Baby penguin lahir dari indukan Jeger dan Jio. Ia masih belum diberi nama, jadi jika ada diantara masyarakat yang memberikan nama dipersilahkan, namun harus yang mengandung nama Amerika Selatan,” kata dia. 

BACA JUGA: Taman Safari Prigen Hadirkan Museum Sirkus Legendaris Indonesia

Penguin Humboldt juga disebut Penguin Peru, atau patranca adalah penguin Amerika Selatan yang berkembangbiak di pesisir Chili dan Peru. Penguin merupakan hewan jenis aves atau burung. Ia memiliki sayap namun tidak bisa terbang.

Sayapnya digunakan untuk berenang/menyelam di dalam air. Saat berenang, penguin akan melompat ke atas air setinggi 2 meter untuk keluar dari dalam air dan mengeluarkan gelembung melalui bulunya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi gesekan. Ketika berada di daratan, hewan ini menggunakan ekor dan sayapnya untuk menjaga keseimbangan. (oni/lna)

- Advertisement -spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR