Minggu, September 26, 2021
BerandaNewsRegionalTerjadi Lagi, Gedung Sekolah di Jember Ambruk

Terjadi Lagi, Gedung Sekolah di Jember Ambruk

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – JEMBER – Kabupaten Jember tidak lengang dengan peristiwa runtuhnya bangunan yang menjadi sarana layanan publik.

Hari ini, Rabu, 12 November 2020 giliran gedung SDN Rowotengah 03, Desa Rowotengah, Kecamatan Sumberbaru yang ambruk.

Menurut para saksi maupun warga sekitar, kejadian gedung ambruk itu diketahui terjadi pada pukul 12.35 WIB.

BACA JUGA: Pemerintah Pasok Bantuan 2 RSUD Rujukan COVID-19 di Probolinggo

Hanya beberapa puluh menit sebelumnya, hujan mengguyur dan tidak lama kemudian sebagian dinding dan atap seketika luluh lantak.

Dari pantauan di lokasi, dalam gedung yang roboh dalam kondisi kosong karena memang tidak ada kegiatan belajar langsung di sekolah pasca pandemik COVID-19 mewabah. Tampak sejumlah bangku berserakan tertimpa atap.

Imbas dari robohnya dinding ruangan tersebut rupanya juga membuat rusak sebagian dinding ruang perpustakaan yang persis berada disampingnya.

Beruntung sisi dinding yang berhimpitan dengan rumah warga tidak sampai ikut roboh, kendati sudah retak. Kayu penyangga atap juga menunjukkan tanda-tanda lapuk.

Sejumlah ruangan di sekolah tersebut serupa kondisinya. Kesan yang muncul seperti bangunan yang tidak terurus. Ada sebuah ruangan yang bahkan atapnya disangga kayu secara darurat agar tidak roboh.

Kepala SDN Rowotengah 3, Suryani mengatakan, gedung sekolah yang ditanganinya berusia senja. Meskipun tidak tahu persis umur gedung karena dibangun jauh sebelum ia menjabat.

BACA JUGA: Respon IDI Jember Soal Dugaan Video Syur Dokter dan Bidan

“Ini memang bangunan tua, lihat temboknya hanya batu merah saja tidak ada kerangka besinya,” keluh Suryani.

Untuk sementara ini, yang bisa dilakukannya membersihkan puing-puing reruntuhan. Selain itu, ruang perpustakaan terpaksa dikosongkan dengan memindah seluruh isinya ke ruangan lain karena khawatir ambruk juga.

Kantor Kelurahan

Baru-baru ini, pada Minggu, 1 November 2020 pendopo kantor Kelurahan Sumbersari runtuh rata dengan tanah. Padahal, baru tiga tahun sebelumnya direhab

Adapun sebagai catatan kejadian sama di fasilitas publik adalah ambruknya Kantor Kecamatan Jenggawah pada 3 Desember 2019 lalu saat dalam proses pengerjaan rehab.

Disusul tanggal 14 Desember 2019, atap dua ruang kelas SDN Keting 02, Kecamatan Jombang runtuh hanya berselang beberapa hari selesai digarap oleh rekanan.

Tanggal 19 Desember 2019, giliran SDN Selodakon 03 mengalami bencana robohnya salah satu ruang kelas dan ruang guru usai diguyur hujan deras.

Tanggal 29 Mei 2020, beberapa ruang SDN Klompangan, Kecamatan Ajung roboh termasuk yang difungsikan untuk tempat ngantor para guru di sekolah itu.

Tidak sampai sebulan berikutnya, pada 11 Juni 2020 saat cuaca cerah terang benderang, teras ruang guru SDN Sabrang 03, Kecamatan Ambulu tiba-tiba runtuh.

Tanggal 23 September 2020, puluhan meter plafon Puskesmas Gumukmas berjatuhan ke lantai. Terungkap bahwa plafon itu terpasang pada tahun 2018. (sut/kal)

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

The Legion Nutrition dan Amarta Hills Berkolaborasi Gelar Body Competition

NUSADAILY.COM - KOTA BATU - Produsen suplemen olahraga, The Legion Nutrition tak berhenti memberikan dukungannya di bidang olahraga. Kali ini mereka ambil bagian sebagai...