Jumat, Mei 27, 2022
BerandaNewsRegionalTepis Utangkan Modal pada Pihak Ketiga, Direktur BWR Klaim Investasi

Tepis Utangkan Modal pada Pihak Ketiga, Direktur BWR Klaim Investasi

NUSADAILY.COM – KOTA BATU – Berhembus kabar BUMD milik Pemkot Batu, PT Batu Wisata Resource (BWR) mengucurkan sejumlah modalnya untuk memberikan utang pinjaman kepada pihak ketiga. Namun dalam perjalanannya, kerjasama ini berbuntut dengan munculnya persoalan. Pihak ketiga yang menerima pinjaman dana kabur tanpa menyelesaikan pokok beserta bunga pinjaman.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House


Saat diklarifikasi, Dirut PT BWR Bagyo Prasasti menepis kabar itu. Menurutnya perusahaan berplat merah itu tak pernah memberikan pinjaman kepada pihak ketiga. Melainkan dana itu dikucurkan kepada pihak ketiga sebagai bentuk investasi untuk meningkatkan laba usaha.
Ia menjelaskan, dana investasi itu dikucurkan pada 2018 lalu dengan nilai Rp 200 juta. Menurutnya, investasi itu tercatat sebagai piutang laba. 


“Bukan dipinjamkan, yang betul diinvestasikan. Kan bisa dicek melalui hasil audit BPK terhadap keuangan BWR,” tepis Bagyo.
Ia mengakui, memang selama ini PT BWR menjalin kerjasama dengan pihak ketiga. Hanya saja saat itu terjadi sedikit kendala yang membelit perusahaan yang bermitra dengan BWR. Sehingga menimbulkan piutang tak lancar bagi BWR. Namun pihak ketiga itu telah menyelesaikan tanggung jawabnya.


‘Kalau tidak bayar itu namanya piutang tidak lancar. Sempat ada kendala dan ada perbaikan. Tapi kemudian dalam audit terakhir per tahun 2019 sudah naik menjadi piutang lancar,” aku Bagyo dilansir Nusadaily.com.


Ia menyebutkan, selama ini BWR telah mengucurkan dana investasi senilai Rp 1 miliar. Mitra kerjasama yang dirangkulnya yakni kegiatan usaha yang memiliki keselarasan dengan unit usaha BWR, diantaranya pariwisata, pertanian, perdagangan serta pendidikan dan pelatihan. 


“Beberapa item usaha seperti pariwisata, gapoktan, UMKM. Rata-rata di Batu dan juga ada di luar Kota Batu. Tapi prinsipnya menyerap komoditi di Kota Batu,” terang Bagyo.


Ia menuturkan, investasi modal yang diberikan pihak ketiga diperbolehkan secara regulasi sebagaimana diatur dalam Perda Kota Batu nomor 6/2016 tentang PT BWR. Kerjasama sama ini dilakukan atas azas saling menguntungkan untuk pengembangan dan peningkatan mutu usaha.


“Sudah clear landasan hukumnya. Selain perda dituangkan pula dalam nota kesepahaman. BWR bisa melakukan invenstasi melibatkan pihak ketiga,” ujar Bagyo.


Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Batu, Nurrohman berargumen modal PT BWR yang salah satunya disuntik melalui penyertaan modal daerah perlu pula laporan kejelasan program kerjanya. DPRD Kota Batu melalui Komisi B, beberapa hari lalu melihat progres program kerja pada perusahaan milik darerah ini. Mengingat selama ini kontribusi PT BWR dinilai tak maksimal.


Ia menuturkan, selama ini PT. BWR sama sekali tak melaporkan secara berkala mengenai program kerja terkait pengembangan usaha yang dikelola BWR. Memang hal itu tak diwajibkan untuk melapor secara berkala kepada DPRD.
“Tetapi jangan kemudian tidak melakukan koordinasi sama sekali dengan DPRD. Mekanisme penyertaan modal daerah merupakan persetujuan DPRD,” tegas Nurrohman.


Dengan begitu DPRD bisa sebagai fungsi kontrol anggaran perlu mengetahui  tentang investasi dana yang sudah direalisasikan perusahaan daerah tersebut. Untuk mengantisipasi kerancuan antara simpan pinjam kepada pribadi atau investasi kepada korporasi-korporasi. Serta pihak-pihak yang memanfaatkan modal PT BWR melalui mekanisme pinjaman harus mempertanggunngjawabkan tanggungannya.


“BWR selaku pengelola modal harus mempertanggungjawabkan pemanfaatan anggaran sesuai dengan mekanisme yang ada dalam perda,” terang dia.


Ia menambahkan, yang tak kalah pentingnya ialah evaluasi kinerja manajemen dan personalia PT BWR. Hal ini sebagai azas akuntabilitas penggunaan anggaran publik yang melekat pada perusahaan daerah itu. Tanpa adanya evaluasi yang intensif akan memicu akumulasi permasalahan. 
“Wajar kalau DPRD sebagai representasi rakyat, ingin mengetahui BUMD kebanggaan Kota Batu ini memamerkan prestasi serta produktifitasnya dalam berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Batu. Jangan sampai terjadi lagi persoalan hukum yang membelit BWR,” papar politisi PKB ini. (wok/wan)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Ditanya soal Raffi Ahmad Jika Beneran Selingkuh, Ini Jawaban Nagita Slavina

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Raffi Ahmad kembali menjadi pembicaraan hangat karena isu perselingkuhan dengan salah seorang karyawan RANS Entertainment, Mimi Bayuh. Keduanya tertangkap kamera...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily