Saturday, September 18, 2021
HomeNewsRegionalTebing Longsor di Tutur Pasuruan, Ancam Pemukiman Warga

Tebing Longsor di Tutur Pasuruan, Ancam Pemukiman Warga

NUSADAILY.COM – PASURUAN – Intensitas hujan yang tinggi selain mengakibatkan banjir di sejumlah kawasan, juga menimbulkan bencana tanah longsor. Sebuah tebing di Dusun Krajan, Desa Andonosari, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan longsor.

Meski tidak ada korban jiwa maupun kerusakan material, namun longsoran tebing ini nyaris memakan badan jalan di kawasan pemukiman warga. Longsoran tebing ini dengan panjang sekitar 30 meter dan kedalaman 10 meter.

Kepala Desa Andonosari Antok, mengatakan, kejadian longsor ini disebabkan karena hujan deras yang belakangan ini mengguyur wilayahnya. Hujan yang terjadi terus menerus mengakibatkan tebing longsor.

BACA JUGA: Dua Rumah Warga Rusak Berat Tertimbun Material Longsor dari Lereng Jatibanteng Situbondo

“Kami berharap ada perhatian dari Pemkab Pasuruan untuk segera menanggulangi atau memberikan solusi atas bencana alam yang terjadi ini. Sehingga tebing longsor ini tidak mengganggu aktifitas warga,” katanya.

Laporan tebing longsor ini pun langsung disikapi Sugiarto, salah satu anggota DPRD Kabupaten Pasuruan. Politisi Fraksi Partai Golkar dari daerah pemilihan (Dapil) tersebut langsung turun ke lapangan bersama BPBD Kabupaten Pasuruan, Dinas Bina Marga Kabupaten Pasuruan.

“Kami ingin melihat langsung kondisi tanah tebing yang longsor dan memastikan agar kegiatan masyarakat tidak terganggu. Ini adalah langkah responsif cepat karena itu akses jalan yang sangat vital bagi kampung tersebut,” kata Sugiarto.

BACA JUGA: Tim SAR Cari Seorang Warga Diduga Tertimbun Tanah Longsor di Lembang Bandung

Menurutnya, meski tidak menghambat aktifitas warga, namun ada kekhawatiran karena lokasi longsor ini berada dekat dengan pemukiman penduduk. Jika tidak segera diantisipasi, longsoran tanah ini akan merembet ke pemukiman warga karena hanya berjarak 5 meter dari titik lokasi tanah longsor.

“Saya berharap agar segera ada pengamanan di lokasi longsor tersebut mengingat curah hujan masih tinggi. Allhamdulillah, tadi juga mendapatkan respon positif dari BPBD dan Bina Marga, dan segera dilakukan perbaikan,” tandasnya. (oni)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular