Kamis, Desember 2, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsRegionalTambak Warga Dirusak Banjir Rob, Wabup Sidoarjo Instruksikan Perbaikan Tanggul

Tambak Warga Dirusak Banjir Rob, Wabup Sidoarjo Instruksikan Perbaikan Tanggul

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – SIDOARJO – Pada beberapa waktu lalu, sebagian wilayah tambak di Sidoarjo dilanda banjir rob, diantaranya di Dusun Kalialo Desa Kupang, Kecamatan Jabon dan di Desa Segoro Tambak di Kecamatan Sedati.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Hampir sebagian wilayah Kota Delta memang sering terus banjir rob. Hal ini menjadi tugas dari Pemkab Sidoarjo untuk segera diselesaikan, karena dengan adanya rob tersebut sangat merugikan terhadap petani tambak di wilayahnya.

BACA JUGA: Jalan Raya Porong Sidoarjo Terendam Banjir Setinggi 1 Meter

Wakil Bupati Sidoarjo, H. Subandi berjanji akan segera melakukan pembenahan tanggul sebelah timur Desa Segoro Tambak hingga Desa Kalanganyar, termasuk juga yang di Jabon. Karena akibat dari Banjir Rob lahan tambak menjadi rusak.

“Saya akan instruksikan dinas terkait untuk segera memperbaiki area tanggul yang rusak, kasian tambak warga banyak yang rusak akibat banjir rob ini,” kata Subandi saat meninjau banjir rob di Desa Segoro Tambak Kecamatan Sedati, Sidoarjo, Minggu (30/5/2021).

Kendati demikian, untuk dilakukan pendataan dan kebutuhan perbaikan tanggul, Mantan Kades Pabean itu memerintahkan kepala desa terdampak banjir rob untuk mengajukan proposal perbaikan tanggul.

“Bupati dan Wakil Bupati serta dinas terkait hanya mengawal program itu, karena sebagian yang ada di Desa Kalanganyar sudah di realisasikan di tahun 2021 dan tinggal menunggu tahap lelang,” ujarnya

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Segoro Tambak, Anik Mahmudah menjelaskan bahwa banjir rob tahun ini melanda dua dusun, yaitu RT 03 dan RT 05 dengan estimasi total per RT ada 50 hingga 60 KK. Bahkan sampai menjalar ke jalan raya.

“Di sektor perikanan dan budidaya, itu hampir semua tambak jebol dan secara otomatis ikannya lari kelaut,” ujar Anik.

Banjir Rob Terbesar

Lebih lanjut, ia memaparkan bahwa kerugian yang dialami warganya yang juga sebagai petambak mencapai milyaran rupiah. Ia mengakui bahwa banjir rob tahun ini adalah banjir rob terbesar. Warga yang terdampak banjir rob juga kebanyakan tidak mengungsi karena dianggap banjir tahunan.

“Harapan saya dari dinas terkait bisa membantu kita untuk memberi solusi atau observasi mencari bersama bagaimana menanggulangi atau meminimalkan dampak rob itu sendiri. Misalnya dibuatkan gorong-gorong untuk menahan air masuk ke tambak atau ke pemukiman,” ungkapnya.

BACA JUGA: Tingginya Intensitas Hujan, Sejumlah Wilayah di Sidoarjo Terendam Banjir

Hingga saat ini belum ada bantuan berupa materil yang diberikan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo karena melihat wilayah yang terdampak sangat besar.

Anik Mahmudah saat ini hanya mampu mendatangkan alat berat untuk memperbaiki tanggul namun hal tersebut juga dirasa masih belum maksimal. (ful/lna)

- Advertisement -spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR