Kamis, Oktober 21, 2021
BerandaNewsRegionalTak Ingin Perda IMB Dikatakan Tumpul, Komisi C DPRD Kota Batu Akan...

Tak Ingin Perda IMB Dikatakan Tumpul, Komisi C DPRD Kota Batu Akan Lakukan Pengawasan Ketat

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – KOTA BATU – Satpol PP Kota Batu memberi sanksi denda mulai dari Rp 1,5 juta-Rp 5 juta kepada 17 pelaku usaha yang tak mengantongi IMB. Sanksi denda itu divonis berdasarkan hasil sidang tipiring yang digelar secara virtual dengan PN Kota Malang.

Kepala Satpol PP Kota Batu, M Nur Adhim mengatakan denda yang dihimpun berjumlah Rp 38,8 juta. Para pelanggar menyalahi Perda Kota Batu nomor 4 tahun 2011 tentang IMB.

BACA JUGA: Ketua Komisi C DPRD Kota Batu: Taman Bermain Perlu Dilengkapi Hotspot

“Pelanggaran pertama karena merubah bentuk atau fungsi bangunan tapi tak dilakukan perubahan IMB. Kedua memang tak mengantongi IMB sama sekali,” kata Adhim.

Para pelanggar yang ditindak itu ibarat permukaan gunung es. Hanya sebagian kecil saja yang mencuat ke permukaan. Legislatif Kota Batu menilai masih banyak tempat usaha yang tak mengantongi IMB namun belum tersentuh.

Untuk itu, legisatif melalui Komisi C akan melakukan sidak ke beberapa tempat usaha yang ditengarai tak ber-IMB. Ketua Komisi C, DPRD Kota Batu Khamim Tohari mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas terkait untuk menentukan titik mana saja yang ditengarai tak memiliki IMB.

“Ketegasan ini semua harus terlibat dan saling menguatkan, antara eksekutif dan legislatif,” ujarnya, politisi PDIP ini.

Khamim meminta agar penindakan bisa memberi efek jera. Jangan sampai, setelah disidang tipiring, para pelaku usaha beroperasi lagi dan berdalih masih dalam proses.

“tu sama saja hanya sebatas dagelan saja dan bagaimana cara untuk mengawasinya,” sergah dia.

Maka dari itu, menurutnya harus ada langkah tegas dari dinas terkait. Terutama OPD penegak perda Kota Batu, Satpol PP. Terlebih IMB sangat berdampak langsung terhadap pendapatan daerah melalui sektor retribusi. Tanpa adanya IMB juga mengacaukan tata kelola pemanfaatan ruang.

BACA JUGA: P-APBD 2020, DPUPR Kota Batu Tuntaskan 216 Pekerjaan – Imperiumdaily.com

“Kalau Perda tersebut ditegakkan tentu pelanggaran itu bakal berkurang. Dan pihak pengembang tidak menyepelekan hal itu,” kata Khamim.

Pihaknya juga segera koordinasi dengan Ketua DPRD dan beberapa komisi terkait untuk menyikapi persoalan ini. Ia menilai, sering terjadi beberapa oknum pelaku usaha yang mengabaikan mekanisme perizinan.

“Lebih memilih membangun duluan. Karena beranggapan sanksinya hanya sebatas denda tipiring dan tidak mungkin bangunan yang sudah berdiri itu bakal dibongkar. Itulah yang mengesankan penegakan perda di Kota Batu tumpul,” ujar dia.(wok/lna)

- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA KHUSUS

@nusadaily.com

Akhir-akhir ini Kota Malang panas banget nih, ngadem dulu yuk🍦🍦 ##tiktoktaiment

♬ Happy Ukulele - VensAdamsAudio

LIFESTYLE

Polda Metro Periksa Rachel Vennya Hari Ini

0
NUSADAILY.COM - JAKARTA - Penyidik Polda Metro Jaya berencana memeriksa ​selebgram Rachel Vennya terkait dugaan kabur dari isolasi di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet...