Minggu, September 25, 2022
BerandaNewsRegionalSharing Session Special Fest, Mas Adi Sampaikan Kebijakan Pemerintah Berikan Ruang Tumbuhnya...

Sharing Session Special Fest, Mas Adi Sampaikan Kebijakan Pemerintah Berikan Ruang Tumbuhnya Sektor Wirausaha

NUSADAILY.COM – PASURUAN – Pemkot Pasuruan berkomitmen memberikan ruang dan tumbuhnya sektor-sektor wirausaha yang didominasi anak-anak muda. Kreatifitas anak-anak muda ini tidak berkembang cepat tanpa harus mengandalkan government sentris.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Potensi anak-anak muda ini luar biasa. Mereka mempunyai spirit dan semangat luar biasa untuk membangun wirausaha dengan dukungan dari pemerintah, perguruan tinggi, dunia usaha, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat,” kata Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo, S,TP, M.Si (Mas Adi).

Hal ini disampaikan Mas Adi, sapaan akrabnya saat membuka Sharing session special fest bersama Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Pasuruan bertajuk “Bagaimana Berwirausaha Dengan Baik Dikalangan Pemuda”.

Mas Adi mengharapkan HIPMI dan KADIN tidak seperti masa lalu yang hanya mengandalkan pada konteks government sentries bergerak atas dasar regulasi saja dari pemerintah.

“Kumpulan anak-anak muda pengusaha ini akan menjadi support kepada negara, dan support pada pemerintah untuk menggerakkan sektor-sektor ekonomi dan mempersiapkan menghadapi bonus demografi di Indonesia kedepannya,” tandasnya.

Mas Adi juga menambahkan, ditahun 2045 akan menuju Indonesia emas yang diperkirakan pada  tahun 2030 proporsi penduduk Indonesia 70% adalah usia produktif.

“Usia produktif mempunyai potensi yang luar biasa. Kalau mampu sejak awal akan mempunyai kapasitas, sebaliknya kalau tidak mampu maka proporsi 70 persen ini juga akan menjadi ancaman. Karena tidak terciptanya lapangan pekerjaan dan tidak ada kreativitas untuk menciptakan peluang pekerjaan ,” ujarnya.

Mas Adi juga mengharapkan lulusan perguruan tinggi siap praktis bukan hanya mencari pekerjaan tapi juga mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

“Wujudkan pendidikan di tingkat menengah tentang pendidikan vokasi dalam rangka penguatan kapasitas sehingga lulusan sekolah menengah menjadi sumber daya manusia yang siap kalau dia melanjutkan ke perguruan tinggi ataupun tidak,” harapnya.

Mas Adi menyampaikan bagaimana meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kota Pasuruan dengan produktivitas dunia ekonomi kreatif yang dimungkinkan pada sektor pariwisata dan UMKM. Kemudian menciptakan lapangan kerja baru tidak hanya lapangan kerja yang bersifat formal tapi tumbuhnya produktivitas masyarakat.

“Ini yang ingin kita dorong Ssnergi dan kolaborasi kebijakan atau regulasinya ada di pemerintah, support sistemnya ada di stake holder bisa di dunia perguruan tinggi yang mencetak SDM yang berkualitas dan pengusaha memberikan kail terutama pada sektor ekonomi produktif di sektor UMKM,” pungkasnya.

Sharing Session Special Fest dipimpin langsung oleh Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo, S,TP., M.Si (Mas Adi), didampingi Kepala Disperindag, Camat Sekota Pasuruan, Ketua HIPMI, Pasuruan Kreatif, Ansor, KNPI, dan diikuti pengusaha di Kota kota Pasuruan. (oni/wan)

BERITA KHUSUS

Unipma Lakukan Pengabdian Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Digitalisasi Pasar Desa Klumutan Saradan Madiun

NUSADAILY.COM – MADIUN - Kemiskinan merupakan salah satu permasalahan yang saat ini dihadapi oleh sebagian besar masyarakat kita, khususnya masyarakat yang tinggal di pedesaan....

BERITA TERBARU

Awas! Topan “Aolu” ke Arah Barat, Hainan China Bakal Hadapi Hujan dan Angin Kencang

NUSADAILY.COM-HAINAN- Topan “aolu” akan mendekat ke arah barat. Hainan berdasarkan perkiraan akan menghadapi angin kencang dan hujan. Selain itu, Jiangnan dan China Selatan akan...