Senin, September 20, 2021
BerandaNewsRegionalSejumlah WBP di Kota Malang Dapat Remisi Lebaran

Sejumlah WBP di Kota Malang Dapat Remisi Lebaran

NUSADAILY.COM – MALANG – Momen Hari Raya Idul Fitri juga merupakan hari kemenangan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Di Lapas Kelas I Lowokwaru Malang, ada sejumlah WBP yang mendapat remisi sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor : PAS-526.PK.01.05.05 Tahun 2021 tanggal 13 Mei 2021 tentang Remisi Khusus Hari Raya Idul Fitri 1442 H tahun 2021 M.

Kepala Lapas Kelas I Malang, RB Danang Yudiawan mengungkapkan, jumlah WBP yang mendapat remisi sebanyak 1.204 orang.

“Ada lima orang yang langsung bebas. Total warga binaan kami sebanyak 3.310 orang,” terang dia, Jumat (14/5/2021).

Sementara itu, Kepala Lapas Perempuan Kelas II A Malang, Tri Anna Aryati menjelaskan, pihaknya telah mengusulkan 348 warga binaan mendapatkan remisi Idul Fitri.

“Namun, yang turun dari pusat, jumlah warga binaan yang berhak mendapatkan remisi Idul Fitri Tahun 2021 sebanyak 343 orang. Sedangkan sisanya, sebanyak lima orang warga binaan terjadi kesalahan verifikasi sehingga tidak mendapatkan remisi Idul Fitri. Tetapi kelima warga binaan itu, akan kami usulkan kembali untuk mendapatkan remisi,” papar dia.

Dari 343 warga binaan yang mendapatkan remisi Idul Fitri, tidak ada satupun yang bebas murni.

“Tidak ada yang bebas murni. Semua warga binaan yang memperoleh remisi Idul Fitri 2021 hanya mendapatkan pengurangan pidana,” imbuh dia.

Dirinya pun juga menerangkan, karena sebagian besar penghuni Lapas Perempuan Malang terjerat kasus narkoba. Maka warga binaan yang mendapat remisi Idul Fitri, sebagian besar terjerat kasus kejahatan narkoba.

“Tetapi dari 343 warga binaan yang berhak mendapat remisi Idul Fitri 2021, juga terdapat dua napi korupsi. Dua napi kasus korupsi yang mendapat remisi Idul Fitri, berinisial S dan D,” tandas dia.(nda/lna)

RELATED ARTICLES
- Advertisement -spot_img

popular minggu ini

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

Pemkot Malang Alokasikan Dana Cukai Hasil Tembakau untuk Jaminan Kesehatan

NUSADAILY.COM - MALANG - Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kesehatan memanfaatkan Dana Bagi Hasil (DBH) Cukai Hasil Tembakau (CHT) untuk program pemenuhan dan penyediaan...