Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaNewsRegionalSejumlah Guru Situbondo Keberatan Dimutasi ke Sekolah Berjarak Tempuh PP 115 Km

Sejumlah Guru Situbondo Keberatan Dimutasi ke Sekolah Berjarak Tempuh PP 115 Km

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – SITUBONDO – Nurin Andari Sulistyo Whardani (44) mengeluhkan keputusan Dinas Pendidikan setempat yang tiba-tiba memindahkan tempat tugasnya mengajar dari SMP Negeri 1 Arjasa ke SMP Negeri Satu Atap Banyuglugur. Sebab, ia bakal harus berkendara dengan jarak sejauh 115 kilometer dalam aktivitas pulang dan pergi ke sekolah setiap harinya.

Kendala jarak tersebut juga dirasa membuatnya lebih banyak menghabiskan tenaga dan waktu berjam-jam di jalanan daripada tugas utamanya untuk melaksanakan tugas belajar dan mengajar. Apalagi, dampak perjalanan jauh itu membuat kondisi fisiknya yang sudah setengah baya menjadi gampang lelah.

“Saya merasa tidak berbuat salah dan profesional dalam mengajar di sekolah. Tiba-tiba saya dimutasi ke SMPN Satap Banyuglugur. Saya sudah usia 44 tahun dimana fisik kurang memungkinkan untuk menempuh jarak pulang pergi ketempat yang baru,” ujarnya, Jumat 1 Januari 2020.

Nasib serupa juga dialami 6 guru. Namun, sementara ini masih Nurin yang berani bicara terbuka. Sedangkan, guru lain memilih diam kepada media kendati mereka sudah melakukan pengaduan ke DPRD maupun ke Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Situbondo.

Kepala BKPSDM Kabupaten Situbondo, Fathorahman mengaku telah menerima pengaduan tersebut. Sehingga, ia meminta kepada Dinas Pendidikan untuk tidak sembarangan memutasi guru.

Menurut dia, semestinya mutasi mempertimbangkan efektifas kinerja tenaga kependidikan yang secara normatif dapat diketahui dari sistem terpadu yang termuat dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

“Karena mutasi guru itu harus mengacu pada Dapodik. Kalau guru tersebut masih dibutuhkan untuk mengampu mata pelajaran, maka sebenarnya tidak boleh dimutasi,” tutur Fathorrahman yang sebelumnya juga pernah menjabat Kepala Dinas Pendidikan setempat.

Penempatan tugas guru, lanjut dia, sangat mempertimbangkan lokasi tempat tinggal yang bersangkutan. Setidaknya, jarak antara rumah guru dengan sekolah tidak terlalu jauh. Hal itu bertujuan agar guru bisa lebih optimal memakai tenaga dan pikirannya untuk mengajar.

“Memang tidak ada zonasi guru, tetapi setidaknya disesuaikanlah dengan tempatnya dimana yang bersangkutan tinggal dan melaksanakan tugas,” jelasnya.

Fathorahman mengaku bahwa BKPSDM hanya memproses usulan dari OPD dalam hal ini Dinas Pendidikan. “Kalau BKPSDM hanya memproses, teknisnya yang lebih tahu OPD masing-masing dalam hal ini Dispendikbud,” tambahnya.

Terpisah, Wakil Ketua Komisi 1 DPRD Situbondo Janur Sasra Ananda meminta BKPSDM melakukan evaluasi ulang terhadap guru-guru yang dimutasi ke tempat sangat jauh tersebut. Menurut dia, mutasi guru harus memperhatikan prosedur perundang-undangan dan jarak tempuh guru ke tempat mengajar.

“Terkait mutasi atau pemindahan ASN beberapa bulan sebelum Pilkada kami minta dengan tegas kepada BKPSDM untuk mengevaluasi ulang,” tegasnya.

Legislator yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Situbondo itu menyebutkan ada 6 orang guru yang dimutasi sebelum Pilkada. Ia khawatir ada kepentingan politis yang menyebabkan guru-guru tersebut dimutasi ketempat yang lebih jauh.

BACA JUGA:

“Sementara kita temukan 6 guru yang dimutasi sebelum Pilkada. Saya khawatir ada kepentingan politis didalamnya,” dia menyatakan sebagai dugaan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Situbondo, Akhmad Junaidi memilih tidak mengangkat telepon saat dikonfirmasi oleh nusadaily.com meskipun nada dering menandakan dalam kondisi aktif. (fat/sut)

- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

Gerakan Gempur Rokok Ilegal yang Digalakkan Bea Cukai Sasar Desa Olean

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Gerakan gempur rokok ilegal (GGRI) yang digalakkan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kabupaten Situbondo Bea Cukai Jember serta Kejari menyasar...