Senin, September 20, 2021
BerandaNewsRegionalSejumlah Bus di Terminal Purbaya Kota Madiun Kembali Layani Penumpang

Sejumlah Bus di Terminal Purbaya Kota Madiun Kembali Layani Penumpang

NUSADAILY.COM – MADIUN – Sejumlah armada bus dengan trayek antarkota dalam provinsi (AKDP) maupun antarkota antarprovinsi (AKAP) di Terminal Tipe A Purbaya Kota Madiun, Jawa Timur, kembali beraktivitas normal pada masa pengetatan seusai larangan mudik Lebaran 2021.

BACA JUGA : Peniadaan Mudik, Terminal Arjosari Hanya Layani Penumpang Khusus – Nusadaily.com

Kepala Kantor Terminal Purbaya Kota Madiun Suyatno mengatakan sejumlah bus AKDP dan AKAP tersebut terpantau beroperasi melayani penumpang sejak 18 Mei

“Saat ini sebagian bus sudah mulai beroperasi normal. Jadi, tidak hanya yang berstiker dari Kementerian Perhubungan saja yang jalan. Selain itu, aturannya juga lebih longgar. Tapi, protokol kesehatan tetap kami terapkan,” ujar Suyatno di Madiun, Kamis.

BACA JUGA : Terminal Kalideres Layani Penumpang Non-Mudik – Imperiumdaily.com

Sesuai data, pada masa larangan mudik Lebaran 2021 pada 6-17 Mei, jumlah armada bus yang beroperasi hanya 15 persen dari kondisi normal. Sementara, jumlah armada bus yang masuk ke Terminal Madiun setiap hari pada kondisi normal mencapai kisaran 358 hingga 400 unit bus.

Ia menjelaskan pada masa pengetatan seusai larangan mudik, para calon penumpang tidak perlu lagi membawa surat perjalanan dinas atau surat izin keluar masuk dari kantor ataupun surat keterangan dari kelurahan setempat untuk bisa naik bus. Namun, mereka tetap wajib membawa surat keterangan bebas COVID-19, baik PCR/antigen/GeNose C19 yang berlaku 1×24 jam sejak pengambilan sampel.

BACA JUGA : Bandara Ngurah Rai Layani 5.000 Penumpang Sejak Larangan Mudik – Noktahmerah.com

Saat ini, pihak pengelola terminal juga menerapkan random sampling (acak) terhadap penumpang. Yakni 10 orang per hari untuk dilakukan pemeriksaan dengan sistem GeNose C19 secara gratis. Selain itu, petugas kesehatan juga disiapkan untuk memantau para penumpang.

Selain penumpang, pihak pengelola terminal setempat juga meminta kru bus untuk memiliki surat keterangan bebas COVID-19. Upaya itu untuk mencegah penularan virus corona.(lal)

RELATED ARTICLES
- Advertisement -spot_img

popular minggu ini

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

Pemkot Malang Alokasikan Dana Cukai Hasil Tembakau untuk Jaminan Kesehatan

NUSADAILY.COM - MALANG - Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kesehatan memanfaatkan Dana Bagi Hasil (DBH) Cukai Hasil Tembakau (CHT) untuk program pemenuhan dan penyediaan...