Senin, Oktober 18, 2021
BerandaNewsRegionalSejarawan Kota Malang Sarankan Rel Trem Kayutangan Kembali Difungsikan

Sejarawan Kota Malang Sarankan Rel Trem Kayutangan Kembali Difungsikan

- Advertisment -spot_img

MALANG – Sebuah rel yang diduga bekas trem zaman belanda ditemukan dalam pengerjaan Kayutangan Heritage, Rabu (11/11). Rencananya, keberadaan rel tersebut akan tetap dilindungi dan ditimbun.

Namun, menurut seorang sejarahwan dan arkeolog, Dwi Cahyono, keberadaan rel tersebut bisa kembali difungsikan dengan desain yang lebih menarik.

“Kalau ingin difungsikan lagi, seperti di Solo, pasti masih butuh pertimbangan panjang. Sebab, saat ini, trem sudah tidak ada lagi,” terang dia kepada NusaDaily.com.

Selain itu, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan. Salah satunya, yakni harus betul-betul mempertimbangkan jalur rel mana yang akan difungsikan sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas.

“Seperti di depan eks Bioskop Garuda, di bagian timur jalan, itu bisa ditampakkan karena tidak mengganggu arus laku lintas,” jelas dia.

Dwi menguraikan, selain di depan eks Bioskop Garuda, ada beberapa titik lain yang masih bisa ditampakkan. Namun, dengan catatan, hanya beberapa meter saja.

“Harus disepakati, misalnya sepanjang 100 meter atau 150 meter saja rel itu ditampakkan. Kemudian harus dipercantik,” kata dia.

Setelah itu, lanjut Dwi, jalur rel tersebut bisa dilengkapi dengan lokomotif trem, yang selama ini sudah menjadi barang langka.

“Tidak harus baru dan tidak harus berasal sari Malang. Misalnya, membuat desain yang mirip aslinya. Atau mencari duplikatnya di lokomotif bekas,” papar dia.

Hal tersebut, lanjut Dwi, baru bisa terlaksana jika rencana pembangunan jalan di kawasan tersebut sudah pasti. Sebab, selama ini, jalur Kayutangan Heritage masih belum bisa dipastikan akan diterapkan one way atau two ways.

“Saran itu (terkait menampakkan trem) belum sampai ke Pak Wali. Sebab, jalan di Kayutangan Heritage itu belum pasti. Kalau jadi one way, ya bisa jadi lebih bagus,” tandas dia.(nda/aka)

- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

Meski Usia Baru Seumur Jagung, Kota Batu Bertabur Prestasi

NUSADAILY.COM - KOTA BATU - Kota Batu masih berusia relatif muda dibandingkan daerah-daerah lainnya di Jawa Timur. Tepat di hari ini, Minggu (17/10), kota...