Sabtu, September 25, 2021
BerandaNewsRegionalSatu Jenazah Diduga ABK yang Tenggelam di Banyuwangi Ditemukan

Satu Jenazah Diduga ABK yang Tenggelam di Banyuwangi Ditemukan

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – BANYUWANGI – Tim SAR gabungan berhasil menemukan satu jenazah yang diduga kuat anak buah kapal (ABK) KM Bintang Sonar yang tenggelam di perairan Plengkung, Alas Purwo, Banyuwangi. 

Koordinator Pos Basarnas Banyuwangi, Wahyu Setya Budi mengatakan, jenazah yang diduga ABK KM Bintang Sonar tersebut ditemukan terdampar di Pantai Watu Loro (Batu Dua), yang berada di sisi timur Pantai Plengkung sekitar pukul 06.00 WIB. 

“Kita membagi operasi SAR di jalur laut dan darat. Jenazah ditemukan oleh tim yang menyisir di darat sepanjang pantai Plengkung,” kata Wahyu, saat dikonfirmasi wartawan, Kamis 5 Agustus 2021.

Semula, kata Wahyu, Tim SAR berencana mengevakuasi jenazah korban melalui jalur laut. Namun, dalam perjalanan menuju lokasi, terjadi gelombang tinggi yang mencapai 6 meter. 

BACA JUGA: Kapal Nelayan Tenggelam di Perairan Banyuwangi: 6 Selamat, 4 Orang Hilang

“Pukul 06.00 WIB, perahu karet Basarnas dan speed boat milik BKSDA Alas purwo mencoba evakuasi lewat jalur laut. Namun akhirnya kembali ke posko, dikarenakan ombak mencapai 6m tidak tembus ke lokasi. Akhirnya kita evakuasi melalui jalur darat,” imbuhnya.

Menurut Wahyu, Tim SAR membutuhkan waktu hingga 6 jam untuk dapat mengevakuasi jenazah korban. “Jadi untuk jalur evakuasi lewat jalur darat dengan perjalanan PP 6 jam menuju G land. Alhamdulillah, sore tadi sudah berhasil dievakuasi,” ujarnya.

Jenazah korban, tambah Wahyu, saat ini berada di kamar jenazah RSUD Blambangan untuk dilakukan otopsi. Tindakan medis tersebut terpaksa dilakukan karena terjadi simpang siur terkait identiras korban.

BACA JUGA: Pemuka Agama di Banyuwangi Meninggal Dunia saat Isolasi Mandiri di Rumah

“Semula saat ditemukan, ada yang mengakui jika jenazah tersebut atas nama Hafidi. Sehingga jenazah tersebut langsung kita bawa ke kediaman korban” ungkapnya. 

“Namun, setelah kita proses serah terima ke rumah duka ternyata, keluarga menyatakan itu bukan jenazah hafidi. Dan saat ini jenasah sudah dibawa ke RSUD Blambangan utk dilakukan otopsi. Dan seluruh keluarga diwajibkan hadir di rumah sakit,” tutupnya.

KM Bintang Sonar dilaporkan tenggelam di perairan Plengkung, Banyuwangi, Senin (2/8). Saat tenggelam, kapal ini mengangkut 10 anak buah kapal (ABK). 

BACA JUGA: Siswi SD di Banyuwangi Nekat Gantung Diri, Diduga Karena Tak Dibelikan HP

Kapal ikan tersebut milik warga Kedungrejo, Muncar, bernama Mashudi. Dari keterangan ABK yang selamat, kapal itu berencana pulang ke Pelabuhan Muncar pada pukul 04.10 WIB.

Namun di sekitar Batu Dua, Tanjung Bantengan perairan Plengkung, kapal dihantam gelombang dan angin kencang hingga akhirnya tenggelam. (ozi/aka)

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

The Legion Nutrition dan Amarta Hills Berkolaborasi Gelar Body Competition

NUSADAILY.COM - KOTA BATU - Produsen suplemen olahraga, The Legion Nutrition tak berhenti memberikan dukungannya di bidang olahraga. Kali ini mereka ambil bagian sebagai...