Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaNewsRegionalSanusi Dukung Pembuangan Sampah Jadi Lahan Menghasilkan

Sanusi Dukung Pembuangan Sampah Jadi Lahan Menghasilkan

NUSADAILY.COM – MALANG – Berbagai inovasi terus desa Kabupaten Malang. Seperti Desa Ampeldento dan Ngijo Kecamatan Karangploso Malang menyulap tempat pembuangan sampah menjadi lahan produktif atau menghasilkan. Bupati Malang, Sanusi sangat mendukung upaya warga menyulap lahan

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Delapan tahun lalu, lokasi desa itu dikenal sebagai tempat pembuangan sampah liar warga. Saat ini dikembangkan warga menjadi NK (Nendes Kombet) Cafe dan dapat meningkatkan penghasilan petani.

Sanusi Bupati Malang meninjau wilayah ini, Selasa (8/12) ini. Dia memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan wilayah ini.

“Dulunya tidak begini ya, masih ada sampah di sana sini dan belum terkoordinir secara tepat. Namun perlahan terus berkembang dan saya harap bisa segera mandiri,” katanya dilansir Nusadaily.com.

Sanusi mengusulkan agar nantinya tanaman lokal di sekitar NK Cafe diganti tanaman kualitas ekspor.

“Ini kualitas tanaman masih lokal, ada sawi, strawberry dan bawang merah. Saya usulkan menanam bibit ekspor agar dapat dijual mahal demi menaikkan penghasilan petani,” kata Sanusi.

Ia mencontohkankan, seperti dilakukan Rumah Sakit Al Madina Kecamatan Kasembon. Di sana, lahan ditanami bibit bawang merah kualitas bagus dan sudah ekspor ke Jepang dengan harga jual Rp 200.000 per kilogram.

Nantinya, kata dia, petani di Karangploso juga dapat meningkatkan penghasilannya, tentunya harus dibekali ilmu pengembangan pertanian.

“Jadi mereka (Petani) dapat memikirkan, bagaimana caranya tanah dengan luas sekian yang biasanya manghasilkan Rp 50 juta maka menjadi Rp 500 juta,” tutupnya.

Pengelola NK Cafe akan bekerjasama dengan Universitas Brawijaya. Nantinya UB menjadi tentor mengajarkan ilmu pertanian bagi Karang Taruna dan para petani.(aje/wan)

BERITA KHUSUS

Dok! Seluruh Fraksi di DPRD Ponorogo Setujui Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Usulan Raperda Perubahan kedua atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk OPD Satpol PP yang...

BERITA TERBARU

Gerindra-PKB Resmi Bekoalisi: Partai Lain Mau Gabung Monggo

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Gerindra dan PKB resmi berkoalisi di Pilpres 2024. Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau...