Senin, November 29, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsRegionalRiwayat Perjalanan Penghuni Kampung Tangguh Tulungagung Bakal Direkam

Riwayat Perjalanan Penghuni Kampung Tangguh Tulungagung Bakal Direkam

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – TULUNGAGUNG – Kelurahan Botoran kecamatan/kabupaten Tulungagung menjadi salah satu percontohan kampung tangguh yang telah diresmikan pagi ini oleh Bupati Tulungagung bersama dengan Kapolres, Komandan Kodim dan Ketua DPRD Tulungagung.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Kampung tangguh merupakan salah satu langkah yang diambil pihak kepolisian untuk mengajak masyarakat berperan dalam memutus mata rantai penyebaran corona di masa pandemi ini.

Kapolres Tulungagung, AKBP Eva Guna Pandia mengatakan, target awal di masing masing kecamatan minimal memiliki satu kampung tangguh. Untuk selanjutnya kampung maupun desa di sekitarnya diharapkan bisa ikut membentuk kampung tangguh sendiri.

“Satu kecamatan ada satu kampung tangguh. Salah satunya di kelurahan botoran ini. Harapanya desa lain bisa mencontoh yang sudah ada,” ujarnya.

Penghuni di kampung tangguh diharapkan bisa memberikan contoh penerapan hidup sehat sesuai dengan protokol kesehatan di masa pandemi ini. Mulai penerapan Social dan Physical Distanding, mensetrilisasi penghuni dan kendaraanya yang masuk, memastikan penghuni menggunakan masker saat beraktivitas. Meminta penghuni rutin cuci tangan, hingga pendataan riwayat kontak penghuni selama di luar perumahan.

“Penghuni yang akan keluar beraktifitas kita minta melapor mau kemana saja. Harapannya bisa dilacak jika nnati terpapar,” jelasnya.

Selain itu di dalam kampung tangguh juga terdapat posko kesehatan, posko kampung tangguh dan tim penggali kubur yang sudah mendapatkan pelatihan ketika akan memakamkan PDP maupun terkonfirmasi positif Corona dari kampun tersebut.

“Harapannya jika ada yang terpapar maka sudah ada persiapan. Semoga kampung lain bisa segera mengikuti,” tuturnya.

Sementara itu Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo yang turut dalam peresmian kampung tangguh mengapresiasi semangat masyarakat untuk membentuk kampung tersebut. Karena dengan dukungan masyarakat yang sadar, maka pencegahan penyebaran Corona bisa dilakukan dengan maksimal.

“Ini wujud kepedulian masyarakat yang sadar akan pentingnya peran masyarakat memutus mata rantai penyebaran corona ini,” pungkasnya. (fim/lna)

- Advertisement -spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR