Senin, September 27, 2021
BerandaNewsRegionalRitual Usir COVID-19 ala Komunitas Seniman Kampung Celaket

Ritual Usir COVID-19 ala Komunitas Seniman Kampung Celaket

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – MALANG – Komunitas Seniman Kampung Celaket, Kota Malang punya cara unik untuk mengusir COVID-19. Mereka menggelar ritual tolak bala untuk mengusir virus yang tersebar di dunia.

COVID-19 semakin kesini semakin menjadi. Selain itu, Seniman Kampung Celaket ini juga mengampanyekan protokol kesehatan serta membagikan masker kepada masyarakat sekitar. Acara yang digelar Sabtu, 31 Juli 2021 di Lapangan Kelurahan Celaket, Kota Malang.

Sutarman selaku Ketua Panita menjelaskan, ritual ini dilaksanakan dalam rangka mengusir COVID-19 agar segera berakhir.

Baca Juga: Minggu Pagi di Kampung Celaket saat PPKM Darurat

Usai sambutan dan doa, acara dilanjutkan dengan keliling kampung dengan memikul peti sebagai simbol keganasan COVID-19 hingga menimbulkan banyak kematian.

“Acara ini tujuannya adalah prihatin, karena di masa pandemi ini para seniman tidak ada aktivitas (manggung), kami (Seniman) Kampung Celaket berdoa untuk meminta kepada sang pencipta segera memusnahkan pandemi ini, agar kehidupan kembali normal,” ucapnya.

Baca Juga: 15 Warga Rampal Celaket Kota Malang Terpapar Covid-19, Diduga Tertular dari Kerja Bakti

Dalam ritual ini para seniman juga memberikan beberapa sesaji, yang menggambarkan rasa syukur mereka kepada Tuhan yang Maha Esa.

“Sesaji ini adalah salah satu wujud rasa syukur kami kepada tuhan YME, dan kami wujudkan dalam buntuk ini (sesajen),” lanjutnya.

Baca Juga: Datangkan Elvy Sukaesih, Bos Batik Celaket Perjuangkan Dangdut Sebagai Warisan Musik Dunia

Dalam sesajen terdapat beberapa jenis bahan, salah satunya adalah cengkir (kelapa muda).

“Cengkir, Cengkir Gading, atau kenceng dalam berfikir, dalam artian air kelapa itu kan jernih, sehingga bisa membuat pikiran bersih dalam berfikir, bisa juga jernihnya hati dalam berfikir,” ujar Sutarman.

Ia mengaku, selain untuk berdoa, acara ini juga untuk mengingatkan masyarakat harus berhati-hati untuk meminimalisir penularan COVID-19.

Baca Juga: 15 Warga Rampal Celaket Kota Malang Terpapar Covid-19, Diduga Tertular dari Kerja Bakti

“Intinya mengingatkan masyarakat, khususnya warga Rampal Celaket, Kota Malang. Tetap berhati-hati. Kita tidak tahu kapan pandemi ini akan berakhir,” ujarnya mengimbau kepada masyarakat.

Sutarman, juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap taat protokol kesehatan, seperti imbauan pemerintah untuk tetap melaksanakan 5M.

Baca Juga: Pesona Rampal Celaket, Kenalkan Budaya dan Ekonomi Kreatif Lokal

“Tetep pakai masker. Seperti pemerintah harapkan tetap dilaksanakan dengan baik. Sehingga penularan COVID-19 ini segera berahir,” pungkasnya. (kal/ark)

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

The Legion Nutrition dan Amarta Hills Berkolaborasi Gelar Body Competition

NUSADAILY.COM - KOTA BATU - Produsen suplemen olahraga, The Legion Nutrition tak berhenti memberikan dukungannya di bidang olahraga. Kali ini mereka ambil bagian sebagai...