Minggu, Januari 23, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsRegionalRatusan Relawan dari Seluruh Indonesia Bantu Lumajang, Khofifah Beri Apresiasi

Ratusan Relawan dari Seluruh Indonesia Bantu Lumajang, Khofifah Beri Apresiasi

NUSADAILY.COM – LUMAJANG – Ratusan orang relawan dari berbagai organisasi di seluruh Indonesia yang hadir di Lumajang, membuat dada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bergetar.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Melihat begitu banyak dan antusias relawan dari berbagai penjuru negeri ini bikin merinding, orang nomor satu di Jawa Timur ini.

Betapa tidak, mereka dengan sukarela membantu masyarakat, pemerintah dan korban erupsi Semeru dengan motivasi panggilan kemanusiaan.

Selasa (7/12/2021) malam Khofifah yang ngantor di Lumajang, akhirnya menyempatkan diri menemui dan menyapa mereka di posko tanggap darurat Kecamatan Pasirian.

“Terima kasih rekan rekan semua relawan. Karena panggilan kemanusiaan saja kita bertemu di tempat ini. Ini sangat luar biasa dahsyatnya yang kita miliki di Indonwsiay ini, Sosial Capital, rasa solidaritas, empati, gotong royong, dibalut persaudaraan tinggi sungguh indah sekali,” ujar Khofifah, dengan bibir bergetar.

Ada relawan dari Manado, dari Bantul, lalu ada yang dari Cirebon. Lalu sejumlah Kota di Jatim tidak terhitung, Malang, Banyuwangi, Situbondo, Bali, Jember, Probolinggo, Pasuruan, Kediri, Blitar, Surabaya dsb tersedot oleh magnet gravitasi rasa kemanusiaan, sehingga hadir di Lumajang.

“Ini ada satu hal yang membuat tersentuh sekaligus memercikkan harapan di tengah kesedihan bencana ini. Saudara dari kota lain berbondong-bondong memberi bantuan pada korban terdampak APG Semeru,” ujarnya.

Kata Khofifah, relawan yang berhati mulia ini membantu tugas pemerintah dan warga setempat sekaligus memberi semangat untuk pulih dari bencana.

“Kita belajar dari mereka bahwa Indonesia sesungguhnya punya kekuatan yang sangat dahsyat, dalam bentuk empati dan solidaritas,” terangnya.

Rasa kemanusiaan yang menyatukan para relawan ini, menjadi satu keyakinan bahwa nilai luhur bangsa tidak pernah luntur.

Untuk itu, masyarakat Indonesia patut berbangga bahwa dalam berkembangnya individualisme sesungguhnya akar budaya gotong – royong dan saling membantu ini tak pernah hilang.

“Kembali saya menyampaikan terima kasih kepada semua relawan yang dengan ikhlas mendedikasikan daya upayanya untuk menolong para korban. Tetap jaga kesehatan dan kewaspadaan. Semoga Allah SWT selalu menganugerahkan keselamatan untuk para relawan dan kekuatan bagi kita semua untuk bisa melewati cobaan ini bersama,” terangnya.

Khofifah juga berpesan agar para relawan membantu pemetaan terkait berbagai permasalahan untuk meningkatkan kualitas layanan pengungsi. Terutama bagi para pengungsi ibu hamil, difable, anak kecil dan lansia.

“Tolong dibantu pemetaan bagaimana di area pengungsian ini untuk anak-anak tinggal lebih nyaman, termasuk lansia, ibu hamil dan difable. Karena makanan anak-anak harus disiapkan tersendiri apalagi yang masih bayi atau balita,” katanya.

Sekadar diketahui, tanggap darurat pasca erupsi Semeru diberlakukan 14 hari. Dalam kurun itu, persoalan pengungsi, dan hunian sementara (huntara) dapat segera terealisasikan.

Opsi huntara ini dijalankan mengingat daerah asal pengungsi masih sangat rawat bencana susulan.

Khofifah juga meminta tolong agar relawan mendata bagi pengungsi yang belum divaksinasi Covid-19.

Dari data itu, Provinsi Jatim akan koordinasi dengan Dinkes Lumajang maupun Biddokkes Polda Jatim ataupun Kodam V Brawijaya.

Terakhir yang terpenting juga persoalan psikologis pengungsi. Dari sekian laporan layanan kesehatan mayoritas soal psikis.

“Kami juga berharap teman-teman relawan dapat mengisi ruang spiritual dengan mengajak pengungsi selawatan. Agar kuat dalam melewati masa-masa sulit ini,” katanya.

Pemerintah Provinsi akan menampung semua usulan, saran dan masukan dari relawan kepada Komandan Satuan Tugas sehingga penanganan bisa cepat dan segera diberikan respon cepat oleh pihak terkait. Baik melalui call center atau grup Whats App.

“Group WhatApp relawan yang dikordinasikan Ka Pusdalop BNPB dan Dansatgas tolong saya juga diinvite. Saya minta quick response, ini penting karena apa yang kita lakukan bisa memberikan info dan layanan terbaik. Selamat bertugas salam sukses dan salam tangguh,” katanya.

Sebelumnya, Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan dibutuhkan kedekatan lagi antar relawan sehingga keberadaan relawan menjadi baik dan saling menjaga kesehatan.

Salah satu relawan, Mbah Dharmo, dari Forum Pengurangan Risiko Bencana, mengusulkan keterpaduan data dan logistik dikelola efektif.

Tiap tempat ada mekanisme pendataan, memilah bantuan, lalu distribusi bantuan agar efektif.

“Pendataan dan pendistribusian logistik semakin terpadu akan lebih efektif,” terangnya.

Dari data yangada relawan berasal dari NU Peduli, Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), Relawan Muhammadiyah Jawa Timur, Perhimpunan Indonesia Tionghoa, Gusdurian Peduli, Pekat IB, Wana Rescue, ARMI Kediri, LPM Suramadu Surabaya dan lain lain.(ima/kal)

@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed