Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaNewsRegionalRagu dengan Dinas, Peternak Ngawi Andalkan Empon-Empon untuk Rawat Sapi PMK

Ragu dengan Dinas, Peternak Ngawi Andalkan Empon-Empon untuk Rawat Sapi PMK

NUSADAILY.COM – MAGETAN – Lambatnya penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak terutama sapi membuat para peternak di Ngawi tak percaya lagi terhadap Dinas terkait.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Yasin (58) contohnya, warga Dusun Sapen, Desa Majasem, Kendal, Ngawi, Jawa Timur ini tak lagi mau mengandalkan Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakan) Ngawi.

Baca Juga: Gara – gara PMK, Harga Sapi di Madiun Raya Anjlok Parah

Meski sudah melaporkan kondisi sapinya yang terjangkit PMK, dia hanya mendapatkan sekitar sepuluh bungkus asam sitrat dari petugas dinas datang ke kandangnya sekitar satu minggu yang lalu.

Tak berharap lebih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ngawi dalam penanganan PMK. Dia lebih memilih menggunakan ramuan tradisional empon-empon untuk merawat luka di mulut dan kaki sapi miliknya.

Baca Juga: 2 Truk Terlibat Kecelakaan, Ring Road Ngawi Sempat Macet

Meski tak langsung sembuh, dia mengatakan setidaknya empon-empon bisa membantu mempercepat pemulihan sapi. Yasin menggunakan kunyit, temulawak, asam jawa, gula jawa, dan garam kasar untuk membuat ramuan itu.

“Selain itu, agar lambungnya enakan. Sehingga lekas nafsu makan. Saya juga gunakan untuk menyemprot luka,” kata Yasin, Minggu (26/6/2022).

BERITA KHUSUS

Dok! Seluruh Fraksi di DPRD Ponorogo Setujui Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Usulan Raperda Perubahan kedua atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk OPD Satpol PP yang...

BERITA TERBARU

Seorang Pria Membabi Buta Tembak Orang di Cetinje Montenegro, 10 Tewas

NUSADAILY.COM – CETINJE – Seorang pria bersenjata tembak mati sepuluh orang di Cetinje, Montenegro pada Jumat (12/8/2022). Namun nahas pria tersebut kemudian dibunuh oleh...