Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaLifestylePeopleRafael Peserta Istimewa Diklatsar Banser Lumajang, Dapat Penghargaan dari Bupati

Rafael Peserta Istimewa Diklatsar Banser Lumajang, Dapat Penghargaan dari Bupati

NUSADAILY.COM – LUMAJANG – Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) adalah sebuah proses kaderisasi untuk para pemuda NU menjadi Banser.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Umumnya, para peserta terditi dari pemuda yang tangguh secara fisik. Karena selain materi-materi tentang keilmuan dasar NU, mereka juga akan ditempa dengan latihan bela diri dan kanuragan.

Baca Juga: Muktamar NU di Lampung Dijaga 3.288 Polisi dan 5.000 Banser

Cerita menarik datang dari helatan Diklatsar Banser yang diselenggarakan oleh PAC GP Ansor Randu Agung di Desa Salak, Kecamatan Randuagung, Lumajang, Minggu, 27 Februari 2022.

Salah seorang peserta yang memiliki keterbatasan fisik berupa tuna wicara dan tuna rungu. Pemuda itu bernama Rafael, pemuda asal Desa Karangbendo, Kecamatan Tekung, Kabupaten Lumajang.

Rafael ini sebelumnya memang telah aktif di desanya, ia rutin mengikuti acara pengajian. Ia termotivasi oleh jejak perjalanan sang paman yang hari ini menjabat sebagai Sekretaris PC GP Ansor Lumajang.

Baca Juga: Ribuan Banser Lampung Siap Amankan Muktamar NU ke 34

“Rafael ini keponakan saya. Termotivasi dari saya, kalau ngajinya di lingkungan rutin, melihat kadang status saya kegiatan banser itu kemudian termotivasi,” kata Muhammad Farid, Sekretaris Cabang GP Ansor Lumajang di lokasi Diklatsar Banser.

Farid menuturkan, bahwa saking semangatnya untuk ikut Banser, sampai-sampai Rafael ini kemana-mana sering nenteng sepatu dan kaos milik sang paman.

Baca Juga: Bantuan Logistik dari Banser Ansor Sulsel Tiba di Sulbar

Suatu ketika, kata Farid, Rafael pernah meminta sepatu dan baju Banser kepadanya. Farid memberikan syarat kepada Rafael bahwa harus ikut diklat.

“Pernah dia minta baju dan sepatu ke saya, saya bilang diklat dulu, dia langsung hormat pertanda siap,” ceritanya.

Farid menambahkan, saat erupsi Semeru dua bulan lalu, Rafael juga turun ke lokasi bencana untuk membantu proses evakuasi korban.

“Dulu anaknya (Rafael) juga ikut turun ke Semeru saat erupsi itu. Semangatnya memang luar biasa,” tambahnya.

Baca Juga: Rumah Ibunda Mahfud MD di Pamekasan Dijaga Banser dan Polisi Pasca Digeruduk Massa Berpeci

Rafael dengan keterbatasannya, berbicara dan pendengaran yang kurang bagus mampu bertahan dan mengikuti serangkaian kegiatan diklat sampai dinyatakan lolos.

“Alhamdulillah tidak ada kendala. Karena diklatnya kan lebih banyak gerakan fisik. Tadi saya tanyakan ke panitia praktik dari hari pertama hingga terakhir ternyata dia lulus,” terang Farid.

Tidak hanya Farid, semangat dan tekad kuat Rafael untuk menjaga nilai-nilai NU dan merawat kemerdekaan Indonesia, membuat Bupati Lumajang sekaligus Kasatkorcab Banser Kabupaten Lumajang, Thoriqul Haq memberikan penghargaan khusus.

Thoriq mengaku terharu melihat semangat anak muda seperti Rafael. Dengan keterbatasan yang dimilikinya, ia mampu menjalani serangkaian proses diklatsar sampai rampung. Terlihat, Cak Thoriq berulang kali memberikan selamat sambil memeluk Rafael.

“Saya terharu tadi, ada yang istimewa. Dia tuna wicara, tapi semangat ikut Banser. Dia ikut materi, ikut berlatih. Tadi saya beri penghargaan khusus kepada Rafael,” pungkasnya.

Diklatsar ini diselenggarakan oleh PAC GP Ansor Kecamatan Randuagung, Kabupaten Lumajang sejak hari Jumat-Minggu, 25-27 Februari 2022 di Desa Salak, Kecamatan Randuagung, Kabupaten Lumajang. Lebih dari 50 orang dikukuhkan sebagai kader Banser. (hud/ark)

BERITA KHUSUS

Dok! Seluruh Fraksi di DPRD Ponorogo Setujui Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Usulan Raperda Perubahan kedua atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk OPD Satpol PP yang...

BERITA TERBARU

Gerindra-PKB Resmi Bekoalisi: Partai Lain Mau Gabung Monggo

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Gerindra dan PKB resmi berkoalisi di Pilpres 2024. Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau...