Kamis, September 29, 2022
BerandaNewsRegionalPU Bina Marga Jember Temukan Sebab Aspal Mudah Dikelupas Pakai Jari Tangan

PU Bina Marga Jember Temukan Sebab Aspal Mudah Dikelupas Pakai Jari Tangan

NUSADAILY.COM – JEMBER – Plt Kepala Dinas PU Bina Marga Jember, Rahman Anda menemukan indikasi-indikasi kesalahan pengerjaan proyek pengaspalan jalan yang mengalami kerusakan, bahkan dengan mudah terkelupas hanya dengan jari tangan.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Temuan diperoleh setelah Rahman mendatangi langsung ke lokasi proyek yang berada di Desa Karang Kedawung, Kecamatan Mumbulsari pada Sabtu, 10 Oktober 2021.

“Kami memang menemukan beberapa titik aspal jalan yang mengalami retak dan akhirnya mengelupas,” kata Rahman usai memeriksa kondisi konstruksi aspal.

BACA JUGA: Warga Jember Geger Aspal Jalan Mudah Dikelupas Pakai Jari Tangan

Dia menyebut, ada empat sebab kerusakan aspal yang dikerjakan oleh CV Jati Mas dengan nilai kontrak sebesar Rp193 juta itu.

Pertama, karena kontraktor tidak benar-benar membersihkan debu dan tanah di dasar jalan saat melakukan kompresi. Sehingga, aspal tidak merekat secara maksimal.

“Seharusnya dilakukan pembersihan sebaik mungkin supaya tidak ada kotoran di jalan sebelum penghamparan aspal,” jelas Rahman.

Berdasar laporan dari tim pengawas, proses kompresi jalan dikerjakan oleh CV Jati Mas pada malam hari beberapa waktu lalu. Kala itu, juga sempat turun hujan yang membuat kondisi dasar jalan menjadi basah saat aspal dihampar.

Kedua, kemungkinan besar penyebab lainnya adalah pihak kontraktor terlalu sedikit memberikan zat perekat yang dicampur bersama aspal. Maka, sangat berdampak pada lemahnya daya ikat antara aspal dengan material.

BACA JUGA: Aspal Janggal Temuan Bupati Jember Sedang Diuji Kualitasnya ke Laboratorium

“Kami lihat, lapisan perekatnya kurang,” papar alumnus Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) itu.

Ketiga, dapat disebabkan oleh bahan aspal yang temperaturnya tidak sesuai. “Bisa kurang panas atau justru pemanasannya terlalu sehingga aspalnya gosong,” urai Rahman.

Keempat, pengelupasan aspal semakin parah lantaran jalan tingkat pedesaan tersebut kerap dilewati truk bermuatan berat yang mengangkut pasir dari penambangan galian C ke beberapa sungai.

BACA JUGA: Kapan Jeglongan Sewu di Jember Selesai Diperbaiki? Ini Jawaban Kepala Dinas PU Jember

Rahman telah melaporkan mengenai kasus ini ke Bupati Jember Hendy Siswanto. Ia mengaku diminta untuk menunda pembayaran kontrak kepada CV Jati Mas hingga ada langkah memperbaiki kerusakan aspal.

“Rekanan sudah kami hubungi agar mereka wajib memperbaiki. Masih ada waktu pemeliharaan,” pungkas Rahman.

Sebelumnya, kerusakan aspal yang baru dikerjakan itu bermula dari temuan warga sekitar yang kemudian diutarakan kepada Ketua Komisi C DPRD Jember David Handoko Seto.

Kemudian menjadi heboh karena mereka beramai-ramai mengelupas aspal dengan menggunakan jari tangan. Video aktivitas itu ramai diperbincangkan di media sosial. (sut/lna)

BERITA KHUSUS

Tujuh Poktan Situbondo Bakal Dapat Bantuan Alat Jemur Tembakau

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo menggelontorkan anggaran dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) tahun 2022 sekitar Rp180 juta. Duit jumbo...

BERITA TERBARU

Kalau Pandemi Sudah Tidak Ada, Biaya Pasien COVID Ditanggung Siapa?

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Dunia diyakini tengah menghitung waktu menuju akhir pandemi COVID-19. Kementerian Kesehatan RI menyebut, kelak pandemi COVID-19 telah dinyatakan selesai dan...