Senin, Desember 6, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsRegionalPTPN XI Salurkan Modal Kerja Petani Tebu Pasuruan Sebesar Rp4,3 Miliar

PTPN XI Salurkan Modal Kerja Petani Tebu Pasuruan Sebesar Rp4,3 Miliar

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – SURABAYA – PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI menyalurkan modal kerja sebesar Rp4,3 miliar bagi 38 petani tebu di Pasuruan, Jawa Timur, untuk pembiayaan petani tebu mitra Pabrik Gula (PG) Kedawoeng pada masa tanam 2021/2022.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Direktur PTPN XI R Tulus Panduwidjaja di Surabaya, Selasa mengatakan penyaluran modal kerja ini adalah program tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) perusahaan yang telah dilakukan kesekian kali kepada petani mitra binaan.

BACA JUGA : PTPN XIV Unit Keera-Maroangin Kembangkan Areal Sawit

“Sebagaimana arahan dari Direktur Holding dan Menteri BUMN dalam berbagai kesempatan untuk lebih melibatkan petani dalam pencapaian ketahanan dan swasembada gula nasional. Salah satu kebutuhan petani saat ini adalah modal kerja untuk perawatan tebu,” kata Tulus, menjelaskan.

Sementara itu, Penanggung jawab program TJSL PTPN XI Moch Sholeh Kusuma mengatakan program tersebut adalah kelanjutan program tahun sebelumnya. Yang dinilai berjalan lancar dan layak untuk diteruskan.

BACA JUGA : PTPN XI Kembangkan Potensi Beras Pisang di Lumajang

Ia menjelaskan, pada masa tanam 2020/2021 sebelumnya telah disalurkan program serupa kepada 31 petani mitra PG Kedawoeng dengan total Rp2,3 miliar. Dan pengembalian tercatat baik sehingga bantuan kembali disalurkan.

“Untuk kali ini menggunakan program TJSL PTPN XI sendiri, hingga saat ini total yang telah disalurkan Rp16,2 miliar untuk petani tebu di Tahun 2021,” kata Sholeh.

BACA JUGA : Sistem Terasan di Kebun Sawit Seberang Buatan PTPN2 Dorong Produksi

Sementara salah satu penerima program TJSL, Riyantono mengatakan dana itu akan digunakan untuk perbaikan dan perawatan tebu.

“Terima kasih atas bantuannya dari tim PG Kedawoeng PTPN XI. Dana ini bermanfaat bagi kami petani tebu untuk memperbaiki, merawat tebu kami,” katanya.

BACA JUGA : Permintaan Keterangan Management PTPN III di Polres Labuhanbatu Hari ini Ditunda

Ia berharap penyaluran pendanaan modal untuk petani tersebut menjadi momentum mempererat pola kemitraan yang telah berlangsung.

Sementara itu, PG Kedawoeng telah menyelesaikan giling Tahun 2021 pada akhir September, dengan capaian 209 ribu ton tebu yang digiling. Dan gula produksi sebesar 13,9 ribu ton dengan kualitas SNI.(lal)

- Advertisement -spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR