Minggu, Desember 5, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsRegionalPTM SMP di Kota Malang Dimulai Hari Ini

PTM SMP di Kota Malang Dimulai Hari Ini

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – MALANG – Pembelajaran tatap muka (PTM) bagi siswa sekolah dilakukan secara bertahap di Kota Malang. Setelah pekan lalu diterapkan pada siswa SMA, kali ini giliran siswa SMP. Salah satunya, di SMPN 8 Malang.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Dalam hari pertama sekolah tatap muka ini, seluruh siswa terlihat antusias mengikuti pembelajaran. Sebab, sejauh ini, sekitar satu setengah tahun, pelajar melakukan pembelajaran secara daring.

Kepala SMPN 8 Malang, Anny Yulistyowati mengatakan, sebelum pelaksanaan PTM, pihaknya telah menyampaikan buku panduan pelaksanaan PTM terbatas pada semua orangtua dan siswa.

BACA JUGA: Persiapan PTM, Kota Malang Mulai Gelar Vaksinasi Untuk Siswa SMP

“Buku panduan ini harus dibaca oleh semua orang tua dan anak. Sehingga, mereka memahami SOP sebelum mulai pelaksanan PTM,” terang dia.

Sekolah tersebut menerapkan sistem ganjil genap untuk siswa yang masuk. Setiap kelas diisi maksimal 50 persen siswa sesuai kapasitas.

“Di hari pertama ini kami menilai anak-tidak kesulitan menerapkan prokes, karena kami juga sudah melakukan simulasi dalam bentuk video, hasilnya kami bagi ke siswa,” kata Anny.

Menurutnya, di SMPN 8 Malang terdapat aturan protokol kesehatan 6M yang harus diterapkan siswa. Yakni, memakai masker double, mencuci tangan dan menggunakan handsanitizer, menghindari kerumunan, dan menjaga jarak.

“Untuk prokes jaga jarak ini sudah kami terapkan dengan pengaturan tempat duduk siswa, menggunkan sistem zig zag sehingga jaraknya sudah pasti lebih dari satu meter,” papar dia.

Setelah proses pembelajaran usai, siswa juga diminta langsung pulang ke rumah untuk mengurangi mobilitas.

BACA JUGA: PPKM Darurat, Disdik Sumenep Keluarkan SE Baru PTM Tahun Ajaran Baru

“Siswa tidak diperbolehkan menggunakan kendaraan umum, harus diantar jemput oleh orang tua, tau naik bus sekolah yang disediakan pemerintah,” ujar Anny.

Pihaknya juga memastikan semua guru dan tenaga kependidikan di sekolahnya telah menjalani vaksinasi Covid-19.

“Kami juga rutin melakukan sterilisasi di sekolah, kelas langsung dibersihkan dan disemprot disinfektan setelah pembelajaran usai,” tandas dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang, Suwarjana menilai jika hampir semua sekolah telah siap menerapkan pembelajaran tatap muka.

BACA JUGA: SMA di Kota Malang Mulai Gelar PTM Hari Ini

“Saya monitoring di beberapa tempat sudah siap semua. Prokes sudah diterapkan dengan baik,” papar dia.

Ia menambahkan, siswa yang masuk sekolah juga sesuai target, meski ada beberapa yang tidak masuk karena sakit.

“Kalau kurang sehat memang jangan masuk sekolah dulu. Selain harus mematuhi protokol kesehatan, siswa juga wajib membawa surat izin dari orang tua,” pungkas dia.(nda/lna)

- Advertisement -spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR