Jumat, Januari 21, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsRegionalPria Banyuwangi Tewas Tertimbun Longsor Tambang Pasir Milik Kades

Pria Banyuwangi Tewas Tertimbun Longsor Tambang Pasir Milik Kades

NUSADAILY.COM – BANYUWANGI – Seorang penambang tewas tertimbun longsoran tambang pasir di Desa Sumberbulu, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Korban diketahui bernama Imam Syafi’i (37) warga desa setempat. 

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Iya benar ada satu orang penambang atas nama Imam Syafi’i meninggal dunia akibat tertimbun longsoran pasir,” kata Kasi Humas Polresta Banyuwangi, Iptu Lita Kurniawan saat dikonfirmasi wartawan, Senin (29/11).

Peristiwa nahas tersebut bermula saat korban bekerja seperti biasanya menggali pasir di area persawahan milik Kepala Desa Sumberwulu, Sarengat Ma’aruf. 

BACA JUGA: Batu Sebesar Gajah di Lokasi Longsor Wonomulyo Magetan Berhasil Diturunkan

“Sekitar pukul 05.00 WIB, korban berangkat kerja bersama isterinya ke lokasi tambang pasir. Korban menggali pasir secara manual, sementara isterinya menunggu di pondok sekitar TKP,” ungkap Lita.

Tidak lama kemudian, saat korban tengah menggali tiba-tiba terjadi longsoran material pasir. Korban tak sempat menyelamatkan diri, hingga akhirnya longsoran menimpa dan menimbun tubuhnya.

Atas musibah itu, istri korban langsung menjerit histeris dan meminta bantuan warga untuk menyelamatkan suaminya. Warga langsung menuju TKP dan menggali longsoran pasir untuk menyelamatkan korban.

BACA JUGA: Tim gabungan BPBD Pasaman Barat Bersihkan Material Longsor di Talamau

Sayang saat ditemukan, kondisi korban sudah tak bernyawa karena tidak bisa bernafas akibat tertimbun longsoran pasir.

“Hasil pemeriksaan, terjadi pendarahan aktif dari dalam mata kiri, hidung, dan mulut korban. Kemudian ada luka robek di bagian ujung bibir dan fiaras bibir kiri, luka lecet di kaki kiri, lebam kemerahan di leher, dada atas dan lengan kanan,” ungkap Lita.

Keluarga korban menolak untuk dilakukan otopsi dan menerima atas musibah yang merenggut nyawa Imam Syafi’i. Korban langsung dibawa ke kediamannya untuk selanjutnya dimakamkan.

Diduga kuat, longsor terjadi akibat struktur tanah yang labil karena diguyur hujan. “Saat kejadian memang turun gerimis. Juga korban kurang hati-hati, saat menggali pasir secara manual,” tutupnya.(ozi/lna)

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Perampok di Sukun Malang Tertangkap di Taman Dayu Pandaan ##tiktokberita

♬ original sound - Nusa Daily