Rabu, September 28, 2022
BerandaNewsRegionalPolitisi Intervensi Pemilihan Calon Penyedia Jasa untuk Proyek Pokir DPRD Jember?

Politisi Intervensi Pemilihan Calon Penyedia Jasa untuk Proyek Pokir DPRD Jember?

NUSADAILY.COM – JEMBER – Program pembangunan Kabupaten Jember banyak yang tersendat di tahun 2022. Paling mencolok adalah belum satu pun realisasi atas program yang diusulkan lewat pokok-pokok pikiran (Pokir) DPRD Jember.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Padahal, Pokir telah direncanakan dengan alokasi anggaran yang sangat besar. Yakni, dari seluruh usulan 50 anggota Dewan total nilainya sebesar Rp100 miliar.

Mayoritas Pokir dalam bentuk jalan aspal dan paving, sehingga berada di Dinas PU Bina Marga serta Dinas Cipta Karya. Hanya sebagian kecil yang berupa bantuan untuk pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat.

BACA JUGA: Reses DPRD Jember Dapat Keluhan Masalah Pungut PBB Nunggak Rp238 Miliar

Benarkah Pokir untuk tujuan mendapat proyek, dan molornya realisasi karena tarik ulur kepentingan anggota Dewan yang disebut-sebut turut campur tangan menentukan pemilihan perusahaan penyedia jasa? Berikut pengakuan sejumlah politisi yang diwawancari pada Kamis, 7 Juli 2022.

Ketua Fraksi NasDem, Gembong Konsul Alam mengakui ada diantara anggota Dewan yang menginginkan agar proyek dikerjakan oleh perusahaan tertentu. Sebab, Pokir merupakan paket proyek yang dikemas dengan skema penunjukan langsung.

“Memang ada rekanan yang dekat dengan Dewan, kemudian direkomendasikan ke Dinas. Tapi, kan untuk menunjuk rekanan dapat tidaknya kembali ke dinas. Sampai sekarang, Pokir belum ada yang realisasi,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua Fraksi Gerakan Indonesia Berkarya, Hasan Basuki menganggap Pokir tidak ada di tahun ini. Justru, dia merasa hanya sebagai usulan titik lokasi program. Kalaupun kelak dijalankan lewat rekanan tertentu, Basuki menyebut dengan lema para wakil rakyat sebatas berusaha ‘titip’ pelaksana.

BERITA KHUSUS

Tujuh Poktan Situbondo Bakal Dapat Bantuan Alat Jemur Tembakau

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo menggelontorkan anggaran dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) tahun 2022 sekitar Rp180 juta. Duit jumbo...

BERITA TERBARU

Cerita Roy Citayam Fashion Week, Dulu Dapat Rp 5 Juta Sehari Kini Sepi Tawaran

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Citayam Fashion Week yang sempat menjadi fenomena kini tidak lagi eksis. Kawasan Dukuh Atas yang menjadi lokasi fashion show di...