Senin, September 26, 2022
BerandaNewsRegionalPolisi Tegaskan Tersangka Korupsi Pemakaman Covid-19 Terlibat Pemotongan Honor

Polisi Tegaskan Tersangka Korupsi Pemakaman Covid-19 Terlibat Pemotongan Honor

NUSADAILY.COM – JEMBER – Polisi meyakinkan bahwa sangat terpenuhi alat bukti tindak pidana korupsi sebagai alasan memberi status kepada Mohammad Djamil, Staf Ahli Bupati Jember Hendy Siswanto menjadi tersangka dalam kasus anggaran honor pemakaman korban Covid-19.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Baca Juga: Polisi Tetapkan Staf Ahli Bupati Jember Sebagai Tersangka Korupsi Pemakaman Covid-19

Sehubungan hal itu, Mohammad Djamil kini telah resmi menyusul mantan anak buahnya, yaitu Penta Satria, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD yang terlebih dahulu menjadi tersangka.

“Awalnya tersangka satu orang, sekarang sudah jadi dua orang. Karena, alat bukti sudah cukup,” terang Kasat Reskrim Polres Jember AKP Dika Hadiyan Widya Wiratama, Selasa, 27 Juli 2022.

Baca Juga: KPK ke Jember, Lakukan Monitoring dan Pencegahan Tindak Pidana Korupsi

Dika menjelaskan, alat bukti yang dimaksud berupa sejumlah dokumen hasil penggeledahan ke kantor BPBD Jember maupun pengakuan saksi-saksi dari petugas pemakaman. Seluruhnya dijadikan alat bukti.

Selain itu, masih kata Dika, alat bukti diperkuat oleh keterangan saksi ahli yang menyatakan adanya unsur tindak pidana korupsi oleh tersangka karena terjadinya pemotongan honor kepada para petugas pemakaman.

Baca Juga: Pernah Terima Aliran Dana-Hadiah, Brigita Manohara Bantah Punya Hubungan dengan Bupati Ricky

Ia membeberkan, peran tersangka Mohammad Djamil adalah pada tahun 2021 lalu ketika menjabat Kepala BPBD terlibat dalam pemotongan honor ke petugas pemakaman. Sedangkan, tersangka Penta Satria bertindak selaku eksekutor.

“Perannya tersangka MD (Mohammad Djamil) selaku Kepala BPBD memimpin rapat dan menyetujui yang dilakukan tersangka pertama. Pemotongan honor kepada setiap petugas sampai 20 persen,” ulasnya.

Baca Juga: Polisi Periksa Tujuh Saksi Kasus Dugaan Korupsi Pemakaman COVID-19

BERITA KHUSUS

Unipma Lakukan Pengabdian Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Digitalisasi Pasar Desa Klumutan Saradan Madiun

NUSADAILY.COM – MADIUN - Kemiskinan merupakan salah satu permasalahan yang saat ini dihadapi oleh sebagian besar masyarakat kita, khususnya masyarakat yang tinggal di pedesaan....

BERITA TERBARU

China Menangkan Emas Quadruple Sculls Putri di Kejuaraan Dunia Dayung 2022

NUSADAILY.COM-JAKARTA- Situs resmi Federasi Dayung Internasional mengatakan bahwa Kejuaraan 2022 di Lazice, Republik Ceko memasuki hari kedua pada tanggal 24. Melansir chinanews.com, tim Tiongkok yang...