Kamis, Mei 26, 2022
BerandaNewsRegionalPMI Kota Batu Bakal Segera Miliki UDD

PMI Kota Batu Bakal Segera Miliki UDD

NUSADAILY.COM-KOTA BATU– Keinginan PMI Kota Batu untuk memiliki unit donor darah (UDD) tampaknya akan terwujud tahun ini. Pemkot Batu melalui Dinas Kesehatan telah  menganggarkan Rp 2,3 miliar untuk pembangunan salah satu unit kerja organisasi kemanusiaan ini.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso mengatakan, anggaran yang akan digunakan merupakan pergeseran anggaran pembangunan Puskesmas 2  Bumiaji. Karena fasilitas kesehatan ini ditunda pembangunannya lantaran belum menemukan lahan yang ideal.

“Pembangunan UDD akan direalisasikaan tahun ini. Anggarannya Rp 2,3 miliar,” terang Punjul yang juga Ketua PMI Kota Batu.

Menurut Punjul, Kota Batu merupakan satu-satunya daerah di Jawa Timur yang masih belum memiliki UDD. Nantinya ketika berdiri UDD di Kota Batu, secara tidak langsung akan menjaga kualitas darah yang dibutuhkan oleh pasien. 

Pengelolaan UDD ditangani langsung PMI Kota Batu. Dilihat dari letaknya, lokasi UDD PMI Kota Batu sangat strategis karena jaraknya yang berdekatan dengan rumah sakit.

“Jarak terjauh antara PMI Kota Batu dengan rumah sakit sejauh 5 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 10 menit dari Rumah Sakit Baptis maupun Rumah Sakit Punten yang merupakan jarak yang paling jauh dari PMI Kota Batu,” urai Punjul.

Dengan berdirinya UDD PMI Kota Batu selain untuk memenuhi kebutuhan darah di rumah sakit yang ada di Kota Batu, juga bisa untuk memenuhi kebutuhan darah pada rumah sakit yang ada di Wilayah Malang Barat. Seperti rumah sakit atau puskesmas yang ada di wilayah Kecamatan Pujon, Kecamatan Ngantang serta Kecamatan Dau dan Karangploso.

“UDD ini sangat penting, karena melihat dari pengalaman sebelumnya dengan peningkatan kasus Covid-19 pertengahan tahun lalu, kebutuhan darah dan plasma konvalesen sangat dibutuhkan. Namun di Kota Batu kesulitan mencarinya dan membuat masyarakat yang membutuhkan mencari ke Kota/Kabupaten Malang,” papar dia. (wok/wan)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Kecelakaan Beruntun di Depan Menara Saidah, 2 Orang Tewas di Tempat

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Kecelakaan beruntun yang melibatkan dua mobil dan tujuh sepeda motor terjadi Jalan MT Haryono, Pancoran, tepatnya di depan Menara Saidah, Rabu...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily