Senin, Januari 24, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsRegionalPeringati Hari Lahir Pancasila, DPRD Banyuwangi Gelar Lomba Esai

Peringati Hari Lahir Pancasila, DPRD Banyuwangi Gelar Lomba Esai

NUSADAILY.COM – BANYUWANGI – DPRD Kabupaten Banyuwangi menggelar lomba menulis esai dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila sekaligus Bulan Bung Karno. Lomba digelar secara online dengan tema Spirit Pancasila: Gotong Royong Hadapi Covid-19.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi bisa mengirimkan naskahnya via email ke DPRD Banyuwangi. Seluruh naskah yang masuk nantinya akan dinilai oleh tim juri dan pemenangnya akan diumumkan melalui media online maupun cetak. Total hadiah yang disiapkan DPRD bagi para pemenang lomba mencapai Rp 28 juta.

Tanamkan Kecintaan Pancasila di Kalangan Pemuda

Ketua DPRD Banyuwangi, I Made Cahyana Negara mengatakan, pihaknya sengaja menyelenggarakan lomba menulis esai ini, dengan tujuan meningkatkan kecintaan anak bangsa terhadap Pancasila. Selain itu, melalui lomba ini diharapkan dapat menumbuhkan budaya menulis, khususnya di kalangan pemuda sebagai calon pemimpin bangsa. 

“Ini sekaligus sebagai sarana sosialisasi terhadap Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni sehingga masyarakat bisa menjiwai dan mengaplikasikan dalam sendi-sendi kehidupan,” katanya, Rabu 3 Juni 2020.

Menurut Made, lahirnya Pancasila sebagai ideologi bangsa merupakan buah perjuangan para founding father bangsa Indonesia, yang di sampaikan dalam sidang BPUPKI yang pertama oleh Ir. H. Soekarno.

Tentu hal ini harus terus digelorakan, terlebih saat ini Bangsa Indonesia tengah menghadapi wabah Covid-19 yang sudah memakan puluhan ribu jiwa di seluruh dunia.

“Oleh karena itu kita sengaja memilih Tema Lomba Esai Spirit Pancasila  : Gotong Royong Hadapi COVID-19. Lomba ini di harapkan bisa menjadi sebuah inspirasi untuk memperkuat jiwa gotong royong masyarakat Banyuwangi untuk melawan COVID-19,″ imbuhnya.

Selain menggelar lomba esai, lanjut Made, DPRD juga akan melaksanakan rangkaian kegiatan sosialisasi tentang Hari Lahir Pancasila dengan tetap mengedapankan protokol kesehatan penanganan COVID-19. Wabah corona tersebut, kata dia bisa dikalahkan melalui gotong royong oleh pemerintah bersama seluruh elmen masyarakat.

“Mari kita bersama sama saling bergandeng tangan dan bergotong untuk melawan COVID-19. Dengan bergotong royong yang merupakan inti dari pati dari Pancasila, Insyaallah kita bisa melawan pandemi COVID-19”, tutup Made yang juga Ketua DPC Perjuangan Banyuwangi ini. (ozi/adv)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed