Minggu, Desember 5, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsRegionalPengungsi Bertambah, BPBD Kota Batu Rencana Dirikan Bangunan Semi Permanen

Pengungsi Bertambah, BPBD Kota Batu Rencana Dirikan Bangunan Semi Permanen

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – KOTA BATU – Selama lebih dua pekan warga Dusun Brau, Desa Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu berada di tenda pengungsian. Mereka diungsikan karena terjadi pegerakan tanah. Rumah yang mereka tempati rawan longsor.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Jumlah warga yang diungsikan bertambah dari 11 KK menjadi 16 KK sebanyak 53 jiwa. Bertambahnya jumlah pengungsi karena berdasarkan kajian BPBD Kota Batu, jangkauan potensi kerawanan meluas.

BACA JUGA: Siaga, BPBD Kota Batu Tambah 6 Alat Deteksi Longsor

“Dari kajian geoseismik, pergerakan tanah meluas. Area potensi longsor bertambah. Makanya warga yang dievakuasi bertambah,” kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim.

Para pengungsi ditempatkan di masing-masing tenda berukuran 2×2,5 meter. Dilihat dari segi jangka panjang, tenda pengungsian ini kurang representatif. Ruang gerak para pengungsi juga tak leluasa seperti di rumahnya sendiri.

Rochim mengatakan, hingga kini belum ada keluhan signifikan dari pengungsi. Hanya saja, mereka selalu bertanya sampai kapan berada di tempat pengungsian.

“Pastinya tidak nyaman berada di pengungsian. Berbeda seperti di rumah sendiri. Target kami dalam dua pekan akan membangun tempat semi permanen,” papar Rochim.

Dalam dua pekan kedepan, BPBD Kota Batu menyusun target pembangunan semi permanen bagi pengungsi. Bangunan semi permanen yang akan dibangun berukuran 6 meter x 6 meter. Pihak BPBD juga masih mencari tempat yang pas untuk mendirikan bangunan semi permanen.

Untuk merealisasikan rencana itu, anggarannya akan memanfaatkan biaya tak terduga (BTT). BPBD masih berhitung estimasi biaya yang dibutuhkan untuk membangun bangunan semi permanen.

BACA JUGA: Mitigasi Longsor, BPBD Kota Batu Pasang Alat Deteksi Pergerakan Tanah

Rencana pendirian bangunan semi permanen agar para pengungsi lebih nyaman. Sembari menunggu proses relokasi hunian baru bagi pengungsi. Relokasi bakal dilakukan bagi warga terdampak, karena rumah yang mereka tempati tak aman dari ancaman longsor.

“Kami belum bisa memastikan sampai kapan pengungsi di situ. Biar lebih nyaman, kami akan dirikan bangunan semi permanen. Bangunannya lebih luas, agar mereka bergerak leluasa,” ujar dia. (wok/lna)

- Advertisement -spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR