Minggu, Januari 23, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsRegionalPemkot Malang Gencarkan Program Pemberdayaan UMKM

Pemkot Malang Gencarkan Program Pemberdayaan UMKM

NUSADAILY.COM – MALANG – Selama masa pandemi Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menggencarkan penguatan ekonomi melalui usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Dalam hal ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melakukan berbagai upaya untuk mengajak pelaku UMKM bangkit dan terus berkembang. Salah satunya, dengan memasarkan produk UMKM melalui marketplace.

“Prioritasnya, Pemkot Malang memberikan peningkatan pada 3P, yakni pendanaan, pendampingan dan pemasaran bagi UMKM,” terang Wali Kota Malang, Sutiaji, dikutip Sabtu (4/11).

BACA JUGA: UMKM Kota Malang Terima Bantuan Alat Dagang, Kemendag: Tidak Boleh Dipindah Tangankan ya

Untuk mendukung hal tersebut, Pemkot Malang juga menggencarkan berbagai macam program. Seperti Malang Beli Produk Lokal (Malpro), Malang Berbagi (Malber), Malang Herbal (Malhherb), Malang Digital Service (Maldis) dan Malang Bahagia (Malba).

“Ini yang juga kami kuatkan. Maka, digitalisasi menjadi kebijakan kami yang oleh masyarakat langsung ditangkap dengan baik,” kata dia.

Untuk meningkatkan kapasitas UMKM, tiga organisasi perangkat daerah (OPD) di jajaran Pemkot Malang, yakni Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag), Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Malang akan menggelontorkan anggaran khusus.

BACA JUGA: Menteri BUMN Berharap Festival Diskon Nasional Putar Roda Perekonomian

“Ini merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan produk UMKM dan membuat Kota Malang bermartabat,” ujar dia.

Serta, memperluas kesempatan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk terlibat dalam pengadaan barang atau jasa, melalui aplikasi Bela Pengadaan dan Bejo Jatim.(nda/lna)

@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed