Kamis, Desember 9, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsRegionalPemkab Trenggalek Siapkan Asrama Covid-19 Ketiga

Pemkab Trenggalek Siapkan Asrama Covid-19 Ketiga

NUSADAILY.COM – TRENGGALEK – Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Trenggalek (Dinkes PPKB) telah menyiapkan asrama virus Covid-19 (ascov) ketiga sebagai tempat isolasi pasien positif.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Asrama Covid-19 ketiga ini rencananya akan ditempatkan di asrama milik Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disnaker) Trenggalek.

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Trenggalek Saeroni mengatakan, asrama Covid-19 ketiga akan dioperasikan jika asrama Covid-19 pertama dan kedua penuh pasien.

“Saat ini ada 2 asrama, yang pertama berada di Gedung Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan asrama kedua berada di Gedung Dinas Kesehatan,” jelasnya.

Selain itu, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 telah juga telah menyurvei tempat isolasi pasien positif baru.

Penanggung jawab (PJ) Covid-19 Mokhamad Rofiq mengatakan, selain menyiapkan asrama Disnaker, pihaknya juga telah menyiapkan puskesmas Ngulangkulon untuk antisipasi kedepan jika seluruh asrama mengalami overload.

“Jumlah kamar keselurahan ascov saat ini ada 39 kamar, dengan rincian ascov 1 BKD ada 17 kamar dihuni oleh 11 pasien, ascov 2 dinkes jumlah 22 kamar dengan 8 pasien,” ucapnya kepada Nusadaily.com.

Pihaknya berharap wabah Covid-19 bisa mengalami penurunan, sehingga 2 ascov saja sudah bisa tercukupi dan tidak sampai overload.

“Artinya, masih tersedia banyak sisa tempat isolasi di dua asrama Covid-19. Hal itu yang menyebabkan asrama Covid-19 ketiga belum dioperasionalkan,” lanjut Mokhamad Rofiq.

Sementara data hingga 1 Agustus 2020, dari total 35 pasien belum sembuh, 19 pasien di antaranya menjalani perawatan di dua asrama Covid-19, sedangkan beberapa lainya melakukan isolasi di rumah.

“Pasien positif tanpa gejala atau dengan gejala ringan, biasanya isolasi mandiri dirumah, tentunya dengan pengawasan dan pengecekan kesehatan dari petugas dan setiap sore itu melaporkan, berapa suhunya dan keluhannya apa,” tutupnya. (aby/lna)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Peningkatan aktivitas gunung Semeru ##tiktokberita

♬ suara asli - Nusa Daily