Senin, November 29, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsRegionalPedagang Hewan Kota Batu Ikuti Rapid Test

Pedagang Hewan Kota Batu Ikuti Rapid Test

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – KOTA BATU – Menjelang  Idul Adha 31 Juli nanti, pedagang hewan kurban di Pasar Hewan Kelurahan Sisir, Kota Batu harus dipastikan kesehatannya. Terlebih masa pandemi ini perlu antisipasi dini untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Para pedagang tersebut menjalani rapid tes yang digelar Dinas Kesehatan  bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan. Petugas menargetkan 100 pedagang yang menjalani rapid tes Rabu, 29 Juli 2020.

Petugas kesehatan dari Puskesmas Sisir, Aristya mengatakan, rapid tes dilakukan kepada para pedagang hewan. Itu karena mereka banyak berinteraksi dengan orang lain atau pembeli. 

“Maka kami pantau juga dengan kegiatan ini. Target kami sekitar 100 orang,” ujar Aris dilansir Nusadaily.com.

Hasilnya menunjukkan non reaktif. Tes swab akan dilanjutkan seandainya ada pedagang yang reaktif positif rapid tes. Terlihat di lokasi pasar, protokol kesehatan dilaksanakan secara tertib.

“Langkah selanjutnya sama dengan sebelum-sebelumnya. Sejauh ini, semua masih non reaktif dan kegiatan hanya berlangsung hari ini saja,” ujar Aris.

Satu dari seluruh pedagang hewan, Tohari tak menahu jika di tempatnya mengais rezeki dijadikan sasaran penyelenggaraan rapid tes oleh petugas. Para pedagang menyambut baik pelaksanaan rapid tes agar bisa mendeteksi dini kondisi kesehatan mereka. Sehingga ia bersama pedagang lainnya tak melewatkan kesempatan itu. 

“Bagus kegiatan ini karena kami bisa mengetahui kondisi diri sendiri dan teman-teman lainnya,” ujar Tohari.

Meskipun mengikuti tes cepat, namun Tohari mengaku tidak takut dan was-was ketika berdagang hewan. Meskipun ia tahu saat ini masyarakat ramai membicarakan tentang virus Covid-19. Ia telah lama menjadi pedagang sapi di Pasar Hewan Batu.

“Saya tidak takut. Berdagang biasa saja. Tidak was-was,” ujarnya. (wok/wan)

- Advertisement -spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR