Jumat, September 24, 2021
BerandaNewsRegionalPalsukan Dokumen, WNA Kanada Ditangkap Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang

Palsukan Dokumen, WNA Kanada Ditangkap Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – MALANG – Seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Kanada ditangkap Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang, Kamis (17/12). Pria yang bernama Khan A Ahmad ditangkap karena diduga melakukan pemalsuan dokumen, dan data persyaratan dalam pengajuan permohonan izin tinggal.

“Berkat kejelian petugas dalam pemeriksaan dokumen dan data WNA yang mengajukan permohonan izin tinggal, kami mengamankan WNA atas nama Khan A. Ahmad bersama sejumlah barang bukti,” terang Kasubsi Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang, Donny Prasetyo Utomo.

Akibat perbuatannya tersebut, Khan A Ahmad dikenakan pasal 123 huruf (a) Undang Undang Nomor 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian.

BACA JUGA: Nama Wawali Kota Malang Dicatut Aksi Penipuan

“Dengan ancaman hukuman pidana penjara 5 tahun dan denda sebanyak Rp 500 juta,” tambah dia.

Donny menguraikan, tersangka beserta barang bukti telah diserahkan kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Malang. Kemudian, dilakukan penahanan di Lapas Kelas I Malang.

“Kami juga telah memberikan surat pemberitahuan kepada Kedutaan Kanada dan keluarga tersangka. Tidak lama lagi, tersangka akan menjalani persidangan atas kasus tersebut,” jelas dia.

BACA JUGA: Puluhan Pegawai Positif Covid-19, PN Malang Tutup Sementara

Donny menambahkan, pihaknya akan melakukan deportasi kepada Khan A Ahmad setelah ia selesai menjalani hukuman.

“Deportasi akan dilakukan setelah yang bersangkutan selesai menjalani hukuman di Indonesia. Jad, setelah sidang dan vonis dijatuhkan, ia akan menjalani hukuman. Lalu setelah selesai menjalani hukumannya, dia akan kami deportasi ke negara asalnya,” tandas dia.(nda/lna)

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

Berantas Rokok Ilegal, Pemkab Sidoarjo Gandeng Bea Cukai Sosialisasikan Manfaat DBHCT

NUSADAILY.COM – SIDOARJO – Dana Bagi Hasil Cukai dan Tembakau (DBHCT) sebagai salah satu pendapatan negara yang manfaatnya langsung dirasakan masyarakat, misalnya dalam bidang...