Jumat, Mei 27, 2022
BerandaNewsRegionalOrang Tua Enggan Antar Anak ke RS, Target Imunisasi Kota Batu Masih...

Orang Tua Enggan Antar Anak ke RS, Target Imunisasi Kota Batu Masih 30 Persen

NUSADAILY.COM – Kota Batu – Selama pandemi Covid-19, banyak orang tua di Kota Batu menunda imunisasi buah hatinya. Mereka khawatir dan tidak segera membawa anak ke rumah sakit. Ada penilaian, rumah sakit bukan tempat yang aman dikunjungi selama pandemi. 

- Advertisement -Iklan BTC Guest House


Bagi balita, imunisasi sebagai upaya preventif dari paparan penyakit dengan memberikan vaksin yang membentuk kekebalan tubuh. Selama pandemi ini, pemberian imunisasi masih mencapai 30 persen dari target. 


Berdasarkan catatan Dinkes Kota Batu hingga Kamis, 2 Juni 2020, sebanyak 1.008 anak yang telah diimunisasi. Dinkes  menargetkan imunisasi diberikan kepada 3119 anak.


Surveilans Imunisasi Dinkes Kota Batu, Suhartina mengungkapkan, para orang tua enggan membawa buah hatinya ke rumah sakit saat ini karena khawatir terpapar Covid-19. Para orang tua juga tak mau berjubel saat mendatangi rumah sakit.


“Sisanya ada 2111 yang belum diimunisasi. Artinya masih tercapai 30 persen dari target,” ujar Suhartina dilansir Nusadaily.com.


Suhartina menjelaskan imunisasi bagi bayi memiliki tingkat urgensi yang tinggi untuk membentuk imunitas tubuh dari serangan penyakit. Oleh sebab itu, dinkes menyediakan fasilitas kesehatan berupa ruangan khusus agar tak tercampur dan berjubel dengan  pasien lain.
Dewi Rika Prihanawati yang mewakili kecemasan orang tua lainnya, mengaku cemas membawa buah hatinya ke rumah sakit saat pandemi Covid-19. Begitu pun jika ke Posyandu, dirinya enggan berjubel mengantre.


Warga Desa Oro-oro Ombo, Kota Batu mengaku buah hatinya yang masih berusia 4 bulan hanya mendapat satu kali imunisasi dari pihak rumah sakit dan satu dari posyandu. Itu dilakukan awal Maret lalu. Sedangkan beberapa imunisasi lainnya belum diberikan.

“Masih terlewati imunisasi vaksin DPT (Difteri, Pertusis, dan Tetanus) satu dan dua. Rencananya, saya akan langsung konsultasi ke puskesmas atau dokter untuk mengejar ketinggalan. Sebentar lagi masuk imunisasi BCG (Bacillus Calmette Guerin),” tuturnya. (wok/wan)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Nicolo Zaniolo Bangkit Jadi Pahlawan AS Roma!

NUSADAILY.COM - TIRANA - Nicolo Zaniolo mendedikasikan gelar Conference League untuk pihak yang di sisinya saat situasi sulit. Ia bangkit menjadi pahlawan AS Roma...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily