Senin, Desember 6, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsRegionalNew Normal, Dispendukcapil Gandeng Ojol Distribusikan Adminduk ke Desa

New Normal, Dispendukcapil Gandeng Ojol Distribusikan Adminduk ke Desa

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – TRENGGALEK – Untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Kabupaten Trenggalek, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Trenggalek menggandeng startup lokal ojek online Blojek untuk menjadi kurir Administrasi Kependudukan (Adminduk).

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mengatakan, dalam menghadapi new normal ini, sesuai arahan Dirjen, tidak boleh memberikan pelayanan yang mengumpulkan banyak massa. Pelayanan dibuka hanya untuk emergency.

“Petugas yang melayani di Dispendukcapil semua dilengkapi APD. Untuk adminduk yang sudah terproses, tinggal kirim atau tidak perlu pemohon mengambil. Kita berikan kemudahan didistribusikan melalui ojek online ke desa-desa,” jalasnya.

Dengan begitu adminduk yang sudah diproses tinggal didistribusikan rumah ke rumah. Ini salah satu langkah yang dilakukan oleh Kabupaten Trenggalek untuk mempercepat pelayanan Adminduk. Membantu pelayanan masyarakat agar lebih mudah, serta mengefektifkan penerapan protokol kesehatan.

“Pemohon tidak perlu untuk bolak balik mengambil atau mengecek setiap saat, cukup di rumah saja,” imbuhnya.

Sedangkan untuk pembiayaan digelontorkan dari APBD dan DAK. Selanjutnya disesuaikan tarif ojol, sehingga lebih hemat dan efisien daripada harus merekrut tenaga khusus sebagai pengantar.

Kepala Dispendukcapil Trenggalek Suprapti menjelaskan, layanan yang dilakukan di depan kantor adalah layanan emergency. Pemohon tidak langsung dilayani kecuali yang benar-benar mendesak.

“Jadi prosesnya pemohon mengajukan ke Desa setempat. Selanjutnya salah satu petugas registrasi desa datang ke kami. Pelayanan langsung kami terapkan protokol kesehatan covid,” terangnya. (aby/lna)

- Advertisement -spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR