Kamis, Januari 27, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsRegionalNekat Bawa 4 TKI Mudik, Travel Bodong Disetop Polisi

Nekat Bawa 4 TKI Mudik, Travel Bodong Disetop Polisi

NUSADAILY.COM – TULUNGAGUNG – Petugas jaga check point pos Gondang Tulungagung menghentikan satu unit mobil pribadi yang dijadikan travel bodong, untuk memfasilitasi 4 TKI asal Trenggalek yang nekat pulang di masa pandemi.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Kasatlantas Polres Tulungagung, AKP Aristianto Budi mengatakan, mobil van berisi 4 orang penumpang dan 1 orang pengemudi ini dihentikan pada Sabtu, 16 Mei 2020 malam kemarin, setelah mencoba mengelabui petugas dengan memanfaatkan jalan-jalan kecil untuk bisa melintasi Tulungagung menuju ke Trenggalek.

Namun kecurigaan petugas mulai muncul saat melihat van tersebut melaju kencang ke arah kabupaten Trenggalek. Petugas yang curiga kemudian melakukan pengejaran dan menghentikannya. Pengemudi travel bodong tersebut tak bisa mengelak, terlebih setelah seluruh penumpang di dalamnya tak saling kenal.

“Kita curiganya ini mobil berisi banyak penumpang kemudian saat kita minta berhenti dan kita tanya satu sama lain. Rupanya mereka tak saling kenal. Nah akhirnya bisa diketahui mereka ini memang bukan satu keluarga,” ujarnya.

Aris menjelaskan, sesuai dengan aturan perundang undangan yang berlaku, pengemudi travel langsung ditilang dan satu kendaraan disita hingga proses hukum lebih lanjut.

Untuk keempat penumpangnya dan pengemudinya yang merupakan warga Trenggalek langsung diserahkan kepada gugus tugas kabupaten Trenggalek, guna proses lebih lanjut.

“Karena mereka semua warga Trenggalek, makanya kami serahkan kepada gugus tugas Trenggalek,” jelasnya.

Pemeriksa Kesehatan Penumpang dan Pengemudi

Pihaknya juga menerapkan protokol kesehatan dengan memeriksa kondisi suhu tubuh penumpang dan pengemudinya. Petugas dari dinas kesehatan melakukan pemeriksaan kesehatan dan hasilnya kondisi suhu tubuh mereka normal. Tidak ditemukan tanda atau gejala penyakit klinis yang diderita oleh penumpang maupun sopirnya.

“Secara kesehatan tidak ada yang mencurigakan, namun kita belum sampai rapid test. Kita sebatas pada pemeriksaan kesehatan dan deteksi dari dinas kesehatan yang ada di pos check point,” terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tulungagung, Sukaji mendukung upaya pihak kepolisian yang memperketat check point, mengingat sesuai dengan data yang dimilikinya terdapat 19 ribu TKI asal Tulungagung yang berpotensi pulang ke Tulungagung.

“Kita sudah membuat MOU dengan Polres. Tujuannya untuk memproses temuan seperti ini termasuk travel ilegal seperti ini sehingga ada penanganan yang tuntas,” pungkasnya. (fim)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed