Jumat, Mei 27, 2022
BerandaNewsRegionalNama Wawali Kota Malang Dicatut Aksi Penipuan

Nama Wawali Kota Malang Dicatut Aksi Penipuan

NUSADAILY.COM – MALANG – Nama Wakil Wali (Wawali) Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko dicatut oleh seseorang yang tidak bertanggungjawab. Oknum tersebut melakukan penipuan melalui pesan singkat WhatsApp dengan kedok akan melakukan donasi ke sebuah masjid.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun dari akun Instagram resmi Pemerintah Kota Malang, ada beberapa tangkapan layar percakapan oknum pemipu yang mengatasnamakan diri sebagai Sofyan Edi Jarwoko dengan nomor takmir Masjid Besar Raya Donomulyo.

BACA JUGA: Libur Tahun Baru, Wisatawan Masuk Kota Malang Bakal Wajib Lakukan Rapid Test Antigen

Dalam percakapan tersebut, oknum penipu yang mengatasnamakan Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko mengatakan bahwa ia dan staffnya hendak menyampaikan hasil donasi untuk Masjid Besar Raya Donomulyo dan anak yatim piatu. Kemudian, yang bersangkutan juga menyampaikan jika ada donatur lain yang hendak meminta bantuan untuk bisa membantu seorang yang tinggal di Jombang dan tengah sakit.

Kemudian, oknum penipu tersebut mengirimkan sebuah nomor kontak dan meminta pihak masjid menghubungi nomor yang diakui penipu sebagai nomor kontak keluarga perempuan dari Jombang. Pihak masjid harus menghubungi nomor tersebut untuk meminta nomor rekening.

Bahkan, oknum penipu itu juga mengirimkan bukti transfer dan terus mendesak agar takmir masjid mentransferkan sejumlah uang ke rekening keluarga perempuan di Jombang. Namun takmir masjid menolak lantaran dinilai tak memenuhi prosedur.

BACA JUGA: Perjalanan Dinas ke Luar Kota, ASN Pemkot Malang Harus Dapat Izin dari Wali Kota

Menanggapi hal tersebut, Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko menegaskan, hal tersebut merupakan aksi penipuan yang mencatut namanya. Dia meminta agar masyarakat lebih meningkatkan kewaspadaan dan lebih berhati-hati dengan aksi penipuan serupa.

“Iya, itu penipuan. Saya minta tolong disampaikan kepada masyarakat supaya tidak tertipu,” tegas dia.

Pria yang akrab disapa Bung Edi itu juga menjelaskan, saat ini, pihak berwajib tengah menelusuri jejak digital aksi penipuan dan akan mengambil langkah hukum.

“Jejak digital terus dilacak dan upaya hukum akan kami tindaklanjuti sesuai dengan ketentuan,” pungkas dia.(nda/lna)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

PHK Besar-besaran Guncang Startup, Ini Penyebabnya

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Dua perusahaan rintisan atau startup tanah air, PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) atau LinkAja dan Zenius Education belum lama ini...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily