Senin, Oktober 18, 2021
BerandaNewsRegionalMusnahkan Belasan Ribu Hasil Penindakan KPPBC TMC Malang, Kerugian Negara Capai Rp.6...

Musnahkan Belasan Ribu Hasil Penindakan KPPBC TMC Malang, Kerugian Negara Capai Rp.6 M

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – MALANG – Pemusnahan barang milik negara berupa barang kiriman Pos, BKC Hasil Tembakau (HT), BKC MMEA, Narkotika Psikotroprika dan Prekursor yang merupakan hasil penindakan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Type Madya Cukai atau KPPBC TMC Malang, dilakukan hari ini, Selasa (3/8/2021) di PT Alam Sinar, Dusun Krajan, Desa Gampingan, Kecamatan Pagak, Malang.

Turut hadir dalam perhelatan acara tersebut, Kapolres Malang AKBP R Bagoes Wibisomo HK, Kepala Kantor Bea Cukai Malang Latif Helmi dan Kepala Kantor Wilayah DJBC Bea Cukai Jawa Timur II Oentarto Wibowo.

Bea Cukai selama ini telah menjalankan fungsinya sebagai community protector dari barang barang yang dilarang maupun dibatasi yang berakibat dapat mengganggu kesehatan dan keamanan, juga moralitas.

“Pemusnahan ini merupakan agenda rutin kita, hanya sebagai latar belakang yang memperkuat pesan publikasi pentingnya gerakan “Anti Rokok Illegal” karena yang lebih penting adalah adanya kesadaran dari diri kita sendiri tentang pentingnya gerakan ini,” imbuh Latif.

Lanjut Latif, pemusnahannya hari ini terdiri dari BKC HT sebanyak 13.728.936 batang, BKC HPTL sebanyak 54 botol, BKC MMEA sebanyak 324 botol, BKC Tembakau Iris sebanyak 400 kg dan Etiket sebanyak 7 karton.

“Kami perkirakan, kerugian yang dialami negara dari penindakan tersbut mencapai Rp. 6.258.973.411 Milliar,” katanya.

Jika dihimpun selama 7 bulan terakhir ditahun 2021, Bea Cukai juga telah berusaha keras dalam mengupayakan berbagai penindakan.

“Hingga Juli 2021, kami telah melakukan serangkaian penindakan dibidang kepabeanan dan cukai di wilayah Malang Raya berupa 81 Surat Bukti Penindakan (SBP), yang terdiri dari 36 penindakan barang kiriman Pos, 35 penindakan terhadap BKC Hasil Tembakau (HT), 6 penindakan terhadap Narkotika Psikotropika dan Prekursor (NPP),” tutur Kepala Kantor Bea Cukai Malang Latif Helmi.

Sehingga, tindak lanjut penanganan barang bukti hasil penindakan yang didapati, memang melanggar UU Kepabeanan dan UU Cukai yang telah ditetapkan sebagai Barang Milik Negara (BMN) dan sudah dimusnahkan. (aje/kal)

- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

Puluhan Pedagang di Pasar Mangaran Ikut Sosialisasi Bahaya Jual Rokok Ilegal

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Situbondo bersama Bea Cukai Jember menggelar sosialisasi bahaya menjual rokok ilegal, Senin, 18 Oktober 2021....